Implementasi Model Pogil untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa

Main Article Content

Hani Cahya Maulani

Abstract

Penelitian yang dilakukan untuk mengembangkan strategi pembelajaran intertekstual dengan POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) pada materi Titrasi Asam Basa untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode R&D dengan meliputi lima dari sepuluh tahap, lima tahapan penelitian yang dilakukan adalah 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan produk awal, 3) Pengembangan produk awal, 4) Uji coba produk awal dan 5) Revisi produk utama. Objek dalam penelitian ini adalah rancangan strategi pembelajaran intertekstual dengan POGIL pada materi titrasi asam basa serta subjek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPA di salah satu MAN yang ada di Kabupaten Bandung Barat sebanyak 26 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi kesesuaian rancangan pembelajaran yang dikembangkan, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, tes penguasaan konsep dan lembar wawancara mendalam. Hasil validasi rancangan strategi yang dikembangkan meliputi kesesuaian langkah pembelajaran dengan sintak POGIL, langkah pembelajaran dengan indikator pencapaian kompetensi dan langkah pembelajaran dengan indikator yang dinyatakan valid oleh 5 orang validator dengan beberapa saran perbaikan. Hasil uji coba rancangan strategi tersebut terlaksana dengan baik. Dari hasil tes penguasaan konsep menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,31 kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Sirhan, G. Learning Difficulties inChemistry:An Overview. The Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2-20, 2007.

Wu, H.K. Linking the microscopic view of chemistry to real-life experiences: Intertextuality in a high-school science classroom. Science Education. 87:868-891. doi: 10.1002/sce.10090,2003.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (2003). Educational research an introduction; Seventh edition. Amerika: Printed in the United States of America

Johnstone A. H., Why is science difficult to learn? Things are seldom what they seem, J. Comput. Assist. Learn., 7(2), 75–83,1991.

Hanson, D. M. Instructor’s guide process oriented guided inquiry learning. New York: Pacific Crest,2013.

Ozmen, H. Turkish Primary Student’s Conceptions about The Particulate Nature of Matter. International Journal of Environmental & Science, 6(1): 99-121,2011.