Siapa Tutor Menulis? Tinjauan Writing Lab Humanities Universiteit Leiden dan Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tugas pokok tutor menulis dalam mendukung siswa dalam penulisan karya tulis ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melaksanakan studi lapangan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa tugas pokok tutor menulis adalah mendukung siswa dalam hal mampu mencatatnya sendiri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pelaksanaan tugas pokok tutor menulis sangat berpengaruh terhadap kemajuan literasi generasi muda bangsa. Penelitian ini merekomendasikan agar tutor menulis lebih serius dalam mempersiapkan pelaksanaan tugas pokok tersebut agar dapat mendukung kemajuan literasi siswa di Indonesia.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Anditasari, P., Fikra, H., Vera, S., Fitriani, F., & Darmalaksana, W. (2024). Percobaan Proyek Kontinum Penulisan Artikel dan Publikasi Ilmiah Mahasiswa. Gunung Djati Conference Series, 37, 161–172.
Anonim. (2024). Leiden University: About us. Universiteit Leiden. https://www.universiteitleiden.nl/en/about-us
Darmalaksana, W. (2024a). Bagaimana Peluang Pengembangan Kelas Menulis? Belajar dari Writing Lab Humanities Universiteit Leiden Belanda. Gunung Djati Conference Series, 37, 238–252.
Darmalaksana, W. (2024b). Menyiapkan Sumber Daya Dosen dengan Tingkat Kebekerjaan Terampil: Studi Kasus Komunitas Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gunung Djati Conference Series, 37, 129–136.
Darmalaksana, W., Fikra, H., Vera, S., & Fitriani, F. (2024). Data Pencapaian Publikasi Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2019-2023. Gunung Djati Conference Series, 37, 58–71.
Darmalaksana, W., Kurnia, A., Fikra, H., & Fitriani, F. (2024). Evaluasi Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Lintas PTKI di Indonesia. Gunung Djati Conference Series, 37, 1–13.
Fikra, H. (2024). Manajemen Konferensi Mahasiswa Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gunung Djati Conference Series, 37(95–111).
Fikra, H., Vera, S., & Fitriani, F. (2024). Ketentuan Tugas Akhir Artikel Ilmiah Pengganti Skripsi: Studi Kebijakan pada Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gunung Djati Conference Series, 37, 72–84.
Fitriani, F., Fikra, H., Vera, S., & Darmalaksana, W. (2024). Arah Pengelolaan Jurnal Ilmiah Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gunung Djati Conference Series, 37, 118–128.
Fitriani, F., Vera, S., & Fikra, H. (2024). Model MBKM Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gunung Djati Conference Series, 37, 85–94.
Kusumaningsih, D., Darmayanti, R., & Latipun, L. (2024). Mendeley Software improves students’ scientific writing: Mentorship and training. Jurnal Inovasi Dan Pengembangan Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1).
Meyjes, G. H. M. P., & Scheurleer, H. L. (2024). Leiden University in the seventeenth century: an exchange of learning. Brill.
Muitjens, G. (2024). Writing Lab Humanities. Universiteit Leiden. https://www.student.universiteitleiden.nl/en/vr/humanities/writing-lab?cf=humanities&cd=philosophy-of-humanities-ma
Otterspeer, W. (2008). The bastion of liberty: Leiden University today and yesterday. Leiden University Press.
Severino, C. (2024). History of the Writing Center. Writing Center College of Liberal Arts and Sciences The University of Lowa. https://writingcenter.uiowa.edu/history-writing-center
Tim KBBI Online. (2024). Kamus Besar Bahasa Indonesia Online Edisi III. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa (Pusat Bahasa).
UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Vera, S., Fitriani, F., & Fikra, H. (2024). Sejarah Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gunung Djati Conference Series, 37, 42–57.