Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Pendanaan BEOPINTAR Di RA Nyatnyono 1 Ungaran

Main Article Content

Dianatul Mughoffaroh

Abstract

Pendidikan yang bermutu dilihat dari sisi input, proses, output maupun outcome sehingga lembaga dapat meningkatkan kualitas ouput dan outcome, untuk itu kita perlu memacu diri untuk melakukan inovasi dalam wawasan, strategi dan program-programnya sedemikian rupa, sehingga mampu menjawab secara aktual dan fungsional terhadap tantangan baru. Salah satu strategi yang digunakan manajemen pembiayaan yaitu pendanaan. Pendapatan atau sumber dana pendidikan yang diterima sekolah diperoleh dari biaya operasional sekolah (BOS) dan perawatan fasilitas (OPF), masyarakat, orang tua, serta sumbangan dari masyarakat luas/dunia usaha. Oleh karena itu, tahapan pada manajemen pembiayaan pendidikan perlu diperhatikan mulai dari tahapan perencanaan sampai kepada pengawasan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data terhadap data hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan cara triangulasi teknik. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang dilakukan di RA Nyatnyono 1 mengenai peningkatan mutu pendidikan melalui pendanaan yaitu BEOPINTAR yang terdiri dari “B(e)OP, SPP, Infaq, dan iuraN awal TAhun". Dana yang diperoleh digunakan untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan yang di dalamnya terdapat komponen memperkuat sumber daya tenaga kependidikan misalnya kesejahteraan guru, menerapkan kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Keberhasilan dalam penggalangan dana memerlukan komitmen dan dedikasi yang tulus dari kepala sekolah. Tanpa kepemimpinan yang kuat dan visi yang jelas, upaya penggalangan dana mungkin tidak mencapai potensi penuhnya. Kepala sekolah harus menjadi duta organisasi, menyebarkan semangat inspirasi kepada tim dan kepada calon donor. Komitmen ini harus tercermin dalam setiap aspek penggalangan dana, mulai dari pengembangan strategi hingga pelaksanaan dan tindak lanjut.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biography

Dianatul Mughoffaroh, UIN Walisongo Semarang

UIN Walisongo Semarang

References

Ahmad, R & Fitriani, L. 2022. "Persepsi Guru dan Siswa terhadap Penggunaan Dana Pendidikan."Jurnal Manajemen Pendidikan. 15(1).

Apriliani, Farah Tri. 2021. “Inovasi Sosial Strategi Fundraising Sekolah Relawan. ” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3, no. 2. 219.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu PendekatanPraktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Darwis, Djamaluddin. 2010. Dinamika Pendidikan Islam. Semarang : RaSAIL

Kusna, Dha’ingatul. 2021. “Model Fundraising Sumber Pembiayaan Pendidikan Peserta Didik Yatim Piatu Di Smp Alam Al Aqwiyah Cilongok Banyumas”.

Nanang Fattah, Nanang. 2017. Manajemen Pembiayaan Pendidikan Berbasis Aktivitas Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2003. Metode Penelitan Naturalistik Kualitatif. Bandung : Tarsito.

Sari, D. 2021. "Dampak Peningkatan Anggaran Pendidikan terhadap Hasil Belajar Siswa di Ra Nyatnyono Ungaran." Jurnal Pendidikan Indonesia. 10(2).

Siregar Fawziyah Tansyah. 2022. “Efektivitas Foudrising Bagi Pemberdayaan Pendidikan”. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Keguruan. 1 no.2. 111.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Bukhari. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta : Amza. 2010.