Kepemimpinan Transformasional Lembaga Pendidikan Islam; Tantangan dan Kekuatan di Era Artificial Intellegence

Main Article Content

Ayi M. Sirojudin
Aditya Permana Sidik
Baiduri Wulandari

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, khususnya dalam bidang Artificial Intelligence (AI), berdampak cukup besar terhadap berbagai sektor, terutama dunia pendidikan. Untuk itu, maka visi transformasional kepemimpinan di lembaga pendidikan Islam menjadi sangat menarik untuk dikaji dan diteliti. Artikel ini bertujuan untuk menggali tantangan dan kekuatan yang dihadapi oleh para pemimpin lembaga pendidikan Islam, terutama dalam mengintegrasikan teknologi AI ke dalam proses pembelajaran. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan beberapa orang responden terdiri dari unsur pimpinan, guru dan siswa SMP Al-Azhar Syifa Budi Prahyangan Bandung Barat. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, Focus Group Discussions (FGD), kuesioner, dan observasi langsung. Hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis tematik, di mana tema-tema kunci seperti tantangan dan kekuatan pemimpin diidentifikasi dari data. Selain itu, penelitian ini menerapkan triangulasi data untuk memperkuat validitas temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan utama adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan teknologi saat ini, resistensi terhadap perubahan, dan keterbatasan sumber daya. Namun, di balik tantangan tersebut, terdapat kekuatan yang dapat dijadikan landasan oleh para pemimpin lembaga, termasuk kemampuan beradaptasi serta visi kepemimpinan yang transformatif, sehingga memungkinkan pemanfaatan AI sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pendidikan. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pemimpin lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi berbagai tantangan di era AI, serta menekankan pentingnya transformasi kepemimpinan yang inovatif dan responsif terhadap setiap perubahan yang terjadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles
Author Biographies

Ayi M. Sirojudin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Aditya Permana Sidik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan Islam

Baiduri Wulandari, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Manajemen Pendidikan