Peran Pendidikan Karakter dan Spiritualitas Islam dalam Membangun Kemandirian di Era Teknologi Tinggi 5.0
Main Article Content
Abstract
Era Society 5.0, yang ditandai dengan integrasi teknologi tinggi seperti kecerdasan buatan, big data, dan Internet of Things (IoT) dalam kehidupan sehari-hari, menuntut lembaga pendidikan untuk mampu beradaptasi dan bersaing. Pendidikan karakter dan spiritualitas Islam memiliki peran strategis dalam membangun kemandirian individu yang tidak hanya cakap secara intelektual, tetapi juga memiliki moralitas kuat yang berakar pada nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kemandirian, dapat diintegrasikan dengan pembelajaran berbasis teknologi untuk menghasilkan individu yang mampu bersaing secara global tanpa kehilangan identitas keislaman. Selain itu, pendidikan spiritualitas Islam mengajarkan keseimbangan antara kemajuan material dan nilai-nilai spiritual, yang sangat penting dalam menjaga integritas diri di tengah tantangan modernisasi. Melalui pendekatan holistik yang menggabungkan teknologi dan spiritualitas, lembaga pendidikan Islam dapat memainkan peran kunci dalam membentuk generasi yang mandiri, berdaya saing, dan bermoral tinggi di era teknologi tinggi ini.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
A'yun, Q., Imron, A., & Arifin, I. (2019). Rekrutmen Tenaga Pendidik di SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4 (7), 850. https ://doi .org /10.17977 /jptpp .v4i7.12613
Amalia, P., Studi, P., Pendidikan, M., Islam, JK, Ilmu, F., & Dan, T. (2010). Tenaga Pendidik dan Kependidikan pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Muttaqien .
Hasanah, M. (2020). Rekrutmen dan Seleksi Tenaga Pendidikan (Guru) Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMA Unggulan Berbasis Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1), 76–97. https ://doi .org /10.24235 /tarbawi .v5i1.6310
Jahari, J. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan . Yayasan Darul Hikam.
Jenis, A., & Penelitian, P. (nd). Metode Penelitian , 45–54.
Lubis, AR (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Islam . Jakarta: Kencana Prenada Media.
Mawardi, S., & Zaini, MZIM (2020). JMPID (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam) , 2(2), 7146.
Primadevi , SA ( nd ) . Tanpa Judul . https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Rahman, KA (2015). Rekrutmen Tenaga Pendidik dalam Peningkatan Mutu Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Jambi. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (1), 23–38.
Rahayu, S. (2020). Strategi Rekrutmen dan Seleksi Tenaga Pendidik dan Kependidikan di MTs Al-Washliyah 16 Perbaungan.
Usher, D., & Pradita, D. (2018). Repositori Digital Universitas Jember.