Transformasi Ilmu Pengetahuan di Era 5.0 : Peran Filsafat Ilmu dalam Perkembangan Teknologi Berbasis AI

Main Article Content

Elvia Hani Marina
Ikfina Nurul Izzah
Dianing Banyu Asih

Abstract

Kemajuan teknologi di Era Masyarakat 5.0 membawa dampak signifikan terhadap kehidupan manusia, khususnya dalam bidang sosial dan etis. Tantangan yang muncul mencakup ketidaksetaraan akses terhadap teknologi, pengurangan lapangan kerja, serta pelanggaran privasi yang perlu diatasi dengan pendekatan yang bijaksana. Namun, masih terdapat kesenjangan literatur yang membahas peran filsafat ilmu dalam mengarahkan pemanfaatan teknologi secara etis. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan mengkaji berbagai sumber akademik kredibel guna memahami bagaimana filsafat ilmu dapat memberikan landasan etis bagi perkembangan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat ilmu berperan penting dalam mengarahkan penggunaan teknologi agar tidak hanya berfokus pada efisiensi, tetapi juga memastikan kesejahteraan sosial yang inklusif dan adil. Filsafat ilmu memberikan panduan praktis yang memungkinkan pemanfaatan teknologi secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan dampak sosial dan moral. Temuan penelitian ini memiliki implikasi signifikan bagi pengembangan strategi teknologi yang lebih etis, baik di tingkat kebijakan maupun praktik. Meskipun penelitian ini berbasis studi literatur, penelitian lanjutan yang lebih empiris diharapkan dapat memperkaya pemahaman dan aplikasi praktis di bidang ini

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

AR, Arni Sastrawati Hasmar, and Ismail Ismail. “Menggali Peran Filsafat Pendidikan Dalam Membentuk Pemikiran Kritis Di Era Teknologi.” JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial 3, no. 1 (2024): 27–34. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol3.iss1.969.

Bimantoro, Arya, Wanda Alifiyah Pramesti, Satria Wira Bakti, M Aryo Samudra, and Yusuf Amrozi. “Paradoks Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Era 5.0.” Jurnal Teknologi Informasi 7, no. 1 (2021): 58–68. https://doi.org/10.52643/jti.v7i1.1425.

Damayanti, Cicilia. “Manusia, Pengetahuan, Filsafat, Dan Teknologi: Sebuah Kajian, Manfaat, Dan Sumbangan Bagi Hidup Manusia.” Studia Philosophica et Theologica 22, no. 2 (2022): 204–29. https://doi.org/10.35312/spet.v22i2.440.

Dendi, I Made, and May Sanjaya. Artificial Intelligence, 2024.

Fitriani, Nur. “Transformasi Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0 Dan Masyarakat 5.0: Tantangan Dan Solusi.” Sindoro: Cendikia Pendidikan 4, no. 9 (2024): 48–58. https://doi.org/doi.org/10.9644/sindoro.v4i5.3317.

Hernawati, Hernawati, and Dewi Mulyani. “Tantangan Dan Peluang Pendidikan Islam Dalam Menyiapkan Generasi Tangguh Di Era 5.0.” Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam 6, no. 1 (2023): 1. https://doi.org/10.30659/jspi.6.1.1-17.

Heryadi, Alda Rachma, Neng Youstika Mansyur, Riski Pratama, and Samsul Pahmi. “Peran Filsafat Ilmu Dalam Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Di Era Modern Bagi Mahasiswa.” Nusantara Journal of Multidisciplinary Sciense 1, no. 9 (2024): 680–87.

Kahar, M Iksan, Hairuddin Cikka, Nur Afni, and Nur Eka Wahyuningsih. “Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial 2, no. 1 (2021): 58–78.

https://doi.org/https://doi.org/10.24239/moderasi.Vol2.Iss1.40.

Kaswar, Andi Baso, Meisaraswaty Arsyad, Dewi Fatmarani Surianto, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam, Ahmad Dahlan, Media Pembelajaran, and Kecerdasan Buatan. “Membangun Keterampilan Pendidik Melalui Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Artificial Intelligence” 01 (2023): 293–97.

Maulana, Muhamad Alif. “TEORI KEBENARAN DALAM FILSAFAT: Peran Integrasi Keilmuan Dengan Aspek Kehidupan Dalam Upaya Memerangi Fenomena Penyebaran Hoax Di Masyarakat.” Paradigma: Jurnal Filsafat, Sains, Teknologi, Dan Sosial Budaya 29, no. 1 (2023): 12–17.

Michael Reskiantio Pabubung. “Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) Dan Pentingnya Ilmu Etika Dalam Pendidikan Interdisipliner.” Jurnal Filsafat Indonesia 4, no. 2 (2021): 152–59.

Rahmawati, Melinda, Ahmad Ruslan, and Desvian Bandarsyah. “The Era of Society 5.0 as the Unification of Humans and Technology: A Literature Review on Materialism and Existentialism.” Jurnal Sosiologi Dialektika 16, no. 2 (2021): 151.

https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20473/jsd.v16i2.2021.151-162.

Rofiq, Muhammad Nafiur. “Peranan Filsafat Ilmu Bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan.” Jurnal Studi Keislaman 9, no. 1 (2018): 161–75.

Santi, Tri, Muhammad Nurwahidin, and Sudjarwo. “Peran Filsafat Ilmu Dalam Perkembangan Ilmu

Pengetahuan Di Era Modern.” Journal of Innovation Research and Knowledge 2, no. 6 (2022): 2527–40. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v2i6.4007.

Santoso, Meilanny Budiarti, Irfan Maulana, and Nunung R Nurwati. “TRANSFORMASI PRAKTIK PEKERJAAN SOSIAL MENUJU MASYARAKAT 5 . 0.” Sosio Informa 6, no. 2 (2020): 170–83.

https://doi.org/https://doi.org/10.33007/inf.v6i2.2383.

Soegiarto, Ita, Annisa Nuraisyah Annas, Sri Sundari, and Erwin Dhaniswara. “Inovasi Pembelajaran

Berbasis Teknologi Artificial Intelligences ( AI ) Pada Sekolah Kedinasan Di Era Revolusi Industri

0 Dan Society 5.O.” Innovative 3 (2023): 10546–55.

Sukatin, Siti Ariska Nur Hasanah, Oktavia Ningsih, Retno Intan Pratiwi, and Warjad Subagia. “Perkembangan Pendidikan Di Era 5.0.” PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 1, no. 1 (2023): 78–86. https://doi.org/https://doi.org/10.58540/pijar.v1i1.117.