Upaya Mengatasi Kemacetan di Jawa Barat Melalui Pengelompokkan Kendaraan Pribadi
Main Article Content
Abstract
Pesatnya pertumbuhan kendaraan pribadi di Jawa Barat telah menjadi faktor utama yang memicu kemacetan, terutama di wilayah perkotaan. Penelitian ini menganalisis dampak pertumbuhan kendaraan pribadi terhadap kemacetan menggunakan metode klasterisasi K-Means untuk mengelompokkan wilayah berdasarkan karakteristik pertumbuhan kendaraan. Hasil penelitian mengidentifikasi lima klaster wilayah dengan tingkat pertumbuhan kendaraan yang bervariasi, di mana daerah perkotaan seperti Bogor, Bekasi, dan Bandung memiliki tingkat aktivitas kendaraan paling tinggi, sedangkan wilayah pedesaan seperti Tasikmalaya dan Ciamis memiliki tingkat aktivitas yang lebih rendah. Penelitian ini merekomendasikan penerapan kebijakan berbasis data untuk manajemen lalu lintas, pengembangan transportasi umum, serta tindakan preventif di kawasan semi-perkotaan. Pendekatan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan dan mendukung mobilitas yang lebih efektif serta berkelanjutan di Jawa Barat.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Syahbandi, M., Sulistyorini, R., & Shahnaz. (2019). Kecenderungan Pemilihan Moda Kendaraan Pribadi dan Transportasi Publik Masyarakat Kota Tangerang Selatan.
Harahap, E., Aditya, Z., Badruzzaman, F., Fajar , Y., Bastia, A., Zeina, S., & Kudus, A. (2022). Solusi Kemacetan Lalu Lintas Kota Bandung Melalui. Sains, Aplikasi, Komputasi dan Teknologi Informasi, Vol. 4, No 1. 27-36.
Nabilah , L. A., Bintari , A., & Dharmawan, I. (2022). Tata kelola pemerintahan dalam mengatasi kemacetan melalui penyediaan transportasi public (studi pada pengelolaan trans metro bandung oleh dinas perhubungan kota bandung tahun 2020). janitra (jurnal administrasi pemerintahan), Vol 2, No 1.
Nabilla, D., Bakti, I., & Subekti, P. (2024). Pengaruh Kampanye “Diet” Kendaraan Pribadi Terhadap Penggunaan. AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 5, No. 02.
Rivaldi , R., & Novriani, S. (2024). Evaluasi Kinerja Lalu Lintas Terhadap Kapasitas Ruas Jalan Di Kota Bandung (Studi Kasus: Jalan Raya Ujung Berung Kota Bandung). Journal of research and inovation in civil engineering as applied science (rigid), Vol. 3 No. 1 .
Sriwati. (2018). Pengaruh pertumbuhan kendaraan dan kapasitas jalan terhadap kemacetan di ruas jalan perintis kemerdekaan. Open Sciense Framework, Vol. 2 Issue 2 .
Wahyunia r, N., Maryam , S., & Tahir, M. (2024). Analisis Pengaruh Kecenderungan Masyarakat Menggunakan Kendaraan Pribadi Di Kota Makassar. Jurnal Teslink : Teknik Sipil dan Lingkungan, Vol. 6., No. 2.