Relevansi Aktivitas Bermain Kartu Huruf Terhadap Minat Baca Anak Usia Dini
Main Article Content
Abstract
Landasan teori pada penelitian ini berdasarkan hasil yang didapat dari lapangan yang mana dalam pembelajaran aktivitas bermain kartu huruf sudah sangat efektif untuk digunakan, sejalan dengan peran siswa dalam pelaksanaannya, dimana permainan kartu huruf dapat menarik minat membaca anak. Tetapi dalam realitanya keinginan membaca pada anak dapat dikatakan masih lah rendah di tandai oleh kompetensi anak masih pada kisaran 20%. Karena ketertarikan yang belum terbagi secara merata. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan observasi dan dokumentasi sebagai Teknik pengumpulan data. Selanjutnya hasil penelitian berada pada kategori sangat baik dalam interval 70-79, dan kategori sangat baik pun mewakili minat membaca pada anak dengan nilai 87,6 dalam interval 80-100. Hubungan antara aktivitas bermain kartu huruf dengan minat membaca pada anak usia dini di kelompok B RA Al-Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung dikategorikan sangat kuat atau sangat tinggi dengan harga korelasi 0,869 dan interval korelasi 0,800 – 1,000. Ativitas bermain kartu huruf pada anak usian dini memiliki peran sebesar 56% dengan 44% lainnya dikarenakan faktor lain
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Fauziddin, M. (2015). Pembelajaran PAUD Bermain, Cerita, dan Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hasan, M. (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Diva Press. Hayati, T. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: CV.Insan Mandiri.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.
Hidayat, H., & Aisah, S. (2015). Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD. Bandung: Arfino Raya.
Idris, M. H., & Ramdani, I. (2014). Menumbuhkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Ikawati, E. (2013). Upaya Meningkatkan Minat Membaca pada Anak Usia Dini. Logaritma, 5.
Kemendikbud. (2015). Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pemninaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Musfiroh, T. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Chilhood Islamic Education , 55.
Siswanto, I., & Lestari, S. (2012). Panduan bagi Guru dan Orangtua Pembelajaran Atraktif dan 100 Permainan Kreatif untuk PAUD. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Suyadi. (2017). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Widyastuti, A. (2017). Kiat Jitu Anak Gemar Baca Tulis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Wiyani, N. A. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Yasniwati, Hidayat, H., & Puspita, A. (2016). Implementasi Metode Pembelajaran Kartu Huruf Melali Lagu dan Permainan Abjad dalam Upaya Pengembangan Bahasa yang Menyenangkan di TK/RA. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal, 99.