Hubungan Antara Tanggapan Anak Terhadap Film Animasi “Bilal: A New Breed Of Hero” Produksi Barajoun Entertainment Dengan Tingkat Pencapaian Perkembangan Moral
Main Article Content
Abstract
Isu ini dipicu oleh antusiasme anak-anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” besutan Barajoun Entertainment. Anak-anak meniru adegan film, termasuk gerakan dan frasa, menanggapi pertanyaan, dan menonton film dengan saksama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hal-hal sebagai berikut: (1) tanggapan anak-anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” besutan Barajoun Entertainment; (2) pembinaan akhlak di Kelompok B RA Miftahul Jannah; dan (3) hubungan antara respon anak terhadap film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” besutan Barajoun Entertainment dengan perkembangan moral di Grup B RA Miftahul Jannah Sumedang.
Menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil temuan mengungkapkan bahwa film animasi Bilal: A New Breed of Hero memiliki rating rata-rata 88,7 dari 100, termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan skor perkembangan moral anak rata-rata masuk dalam kategori “kurang” sebesar 56,2. Reaksi anak-anak terhadap gambar animasi Bilal: A New Breed of Hero memiliki tingkat perkembangan moral yang sangat rendah, menurut hasil studi korelasi Pearson, ditemukan koefisien korelasi sebesar 0,099, yang berada pada kisaran 0,00-0,199 dengan tingkat hubungan yang sangat rendah.
thitung (0,357) ttabel (2,160), hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Ha ditolak dan H0 diterima. Dengan kata lain, tidak ada hubungan yang signifikan antara perkembangan moral kelompok B dalam RA Miftahul Jannah Sumedang dengan film animasi Bilal: A New Breed of Hero. Sebanyak 0,98% dan 99,02% aspek lainnya dipengaruhi oleh anak-anak dalam film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” yang diproduksi oleh Barajoun Entertainment.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Agus, D. S. 2009. Tips Jitu Mendongeng. Yogyakarta: Kanisius.
Agustin, V. 2020. Pengaruh Media Film Animasi Berbasis Cerita Rakyat Terhadap Kecerdasan Linguistik Verbal Anak Usia 5-6 Tahun, Di TK Pembina 1 Kota Bengkulu [Skripsi]. Bengkulu (ID): Institut Agama Islam Negeri Bengkulu
Al-Abrasyi, M. Atiyah. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Jakarta: Bulan Bintang.
Ananda, R. 2017. Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 19-31.
Ananda, fadhli. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktek Dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Puspita.
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Ariyanti, T. 2016. Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar 8(1).
Ashifana, Z. 2019. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Film Animasi " Bilal : A New Breed of Hero". Malang.
Auliya, L., N Lazim. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran MISS PPL (Media Microsoft Power Point Lanjutan) di Sekolah Dasar. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 4(4).
Buana, Supit. 2017. Aplikasi Pengolahan Data Penjualan, Service Dan Jasa Pencucian Mobil Padabengkel Jaya Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi 7.0: Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer 2(1).
Danim, Sudarwan. 2010. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dhiu, dkk. 2021. Aspek Perkembanggan Anak Usia Dini. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.
Farhan, A. 2017. Pengaruh Film Animasi Terhadap Hasil Belajar Fiqh Pada Siswa Kelas Vii Madrasah Tsanawiyah Al-Husna [Skripsi]. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Faridah, I. 2021. Nilai-Nilai Moral Dalam “Film Nussa” [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negei Syarif Hidayatullah.
Febriana, Eka. 2020. Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini Pada Film Kartun Di Desa Trimomukti Lampung Selatan [Skripsi]. Lampung (ID): UIN Raden Intan Lampung.
Gichara, J. 2016. Mengatasi Perilaku Buruk Anak. Jakarta: Merril.
Habibu, R. N. 2020. Pengembangan Nilai Moral dan Agama Anak Usia Dini. Tasikmalaya: EDU PUBLISHER.
Herliyani, Elly. 2014. Animasi Dua Dimensi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hermansyah, dkk. 2000. Metode Pengembangan Agama, Moral, Disiplin dan Afeksi. Bandung: Depdiknas.
Hidayat, A. 2014. Shapiro Wilk Tabel (Tabel Shapiro Wilk). https://www.statistikian.com/2014/03/shapiro-wilk-tabel.html. Diakses 12 Juli 2021.
Hurriyah, Ziyadatul. 2019. Pengaruh Film Animmasi Religi Terhadap Perkembangan Religiusitas Anak [Skipsi]. Surabaya: UIN Sunan Ampel.
Johan, A. 2018. Metode Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Tim CV Jejak.
Khoiriyah, I. 2018. Analisis Nilai-Nilai Karakter Dalam Film Animasi Toy Story. Banjarmasin.
Mahulauw, S. 2020. Analisis Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Dalam Film Animasi Upin dan Ipin Musim Kelima. Ambon.
Mufida, Bilqis Salsabila. 2021. Perbedaan Kemandirian Anak Ditinjau Dari Status Kerja Ibu (Penelitian Di Ra Daarul Haq Kecamatan Cibeunying Kaler Kota Bandung) [Skripsi]. Bandung (ID): UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Narsum, A. 2018. Uji Normalitas Data untuk Penelitian. Bali: Jayapangus Press.
Nurani, Yuliani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.
Nurmawati, dkk. 2019. Pengaruh Film Animasi Adit Dan Sopo Jarwo Terhadap Perkembangan Moral. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan 2(1).
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., Budiantara, M. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.
Rahardjo, Mudjia. 2011. Metode Pengumpulan Data Penelitian Kualitatif. Jurnal Research Repository.
Rahman, dkk. 2020. Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Ranang S A, dkk. 2010. Animasi kartun dari analog sampai digital. Jakarta: PT Indeks.
Rochmawati, W. 2016. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Film "The Miracle Worker. Malang.
Ruslan, Arif. 2016. Animasi Perkembngan Dan Konsepnya. Bogor: Ghalia Indonesia.
Safitri, Dyah. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Islami Terhadap Penanaman Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Di RA Tarbiyatul Islam Loram Wetan Jati Kudus [Skripsi]. Bandung (ID): IAIN Kudus.
Saputra, Aidil. 2018. Pendidikan Anak pada Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10(2).
Sit, Masganti. 2015. Psikologi Perkembangan Ank Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Soenyoto, Partono. 2017. Animasi 2D. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Soetjiningsih, christiana. 2018. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak Akhir. Jakarta: KENCANA.
Sugiyono, 2009. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Statistik untuk pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2014. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunjoyo. Setiawan, R., Carolina, V., Magdalena, N., Kurniawan, A. 2013. Aplikasi SPSS untuk Smart Riset (Program IBM SPSS 21.0). Bandung: Alfabeta.
Surawan, dkk. 2020. Psikologi Perkembangan Agama: Sebuah Tahapan Perkembangan Agama Manusia. Yogyakarta: K-Media.
Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi Dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: KENCANA.
Syah, M. 2018. Psikologi Prndidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Syamsudin, A. 2012. Pengembangan Nilai-nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan Anak, vol I.
Tersiana, A. 2020. Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.
Ula, S. U. 2019. Pengaruh Media Film Animasi Terhadap Perkembangan Kosa Kata Anak Usia 5-6 Tahun Di Tman Kanak-Kanak Dharma Wanita Persatuanbandar Lampung [Skripsi]. Lampung (ID): Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Ulum, Hasyim. 2016. Eksperimentasi Metode Jarimatika Moderen “Tontalkog” Berbasis Multimedia Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika 2(2).
Vitaloka, dkk. 2020. Pendidikan karakter bagi anak usia dini. Bandung (ID): Media Sains Indonesia.
Wulandari, A .2016. Penggunaan Media Film Animasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Autis Kelas Iii Sd Di Slb Rela Bhakti I Gamping. [Skripsi]. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Yusuf, M. 2014. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan. Jakarta: kencana.