Aktivitas Belajar Menggunakan Gerak dan Lagu Hubungannya Dengan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Arab Anak
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan, yakni di RA Taman Pendidikan Islam Al-Mukhtar Bogor, dari keseluruhan peserta didik terdapat 12 anak yang masih belum dapat mengingat kosakata bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu, kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab, dan hubungan antara aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu dengan kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak. Metode penelitian yang digunakan yakni kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan unjuk kerja. Analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan korelasi. Adapun hasil perhitungan yang diperoleh pada variabel X diperoleh nilai rata-rata sebesar 82,6 dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada variabel Y diperoleh nilai rata-rata 71,8 dengan kategori baik. Sehingga, hubungan antara Variabel X dan Y diperoleh angka koefisien korelasi sebesar - 0,48 yang termasuk pada kategori sangat rendah. Hasil uji hipotesis menunjukan (2,816) > (2,060). Artinya, hipotesis (Ha) diterima yang berarti terdapat hubungan antara variabel X dengan variabel Y. Kemudian, hasil perhitungan koefisien determinasi menunjukkan bahwa aktivitas belajar menggunakan gerak dan lagu memberikan kontribusi sebesar 23,04% terhadap kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab anak. Hal ini menunjukkan 76,96% kemampuan mengingat kosakata bahasa Arab dipengaruhi faktor lain.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Afzalur, R., & Murtadha, M. (2007). Energi Sholat. Jakarta: Serambi. Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Rajawali Press.
Khodijah, & Amelia, N. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarata: Kencana.
Mariati, P., & Asmara, B. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Gerak dan Lagu Tematik Bagi Guru Pos Paud Terpadu. PEDAGOGI, 9.
Silberg, J. (2004). Brain Games for Babies. Jakarta: Penerbit Erlangga. Sugiono. (2012). Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta. Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syamsu, Y. (2001). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yunita, N., Mulyani, E., & Handajani, D. O. (2019). Psikologi Daur Hidup Wanita. Malang: Literasi Nusantara.