Berhitung Permulaan Anak Melalui Metode Jari Aljabar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan anak dalam menghitung asal-usul mereka menggunakan metode finger aljabar terhadap unsur-unsur kognitif bayi usia dini antara usia 5 dan 6. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan instrumen pengumpulan datanya meliputi kinerja, dokumentasi, dan observasi. Reduksi data, visualisasi data, temuan, dan pengungkit adalah beberapa pendekatan analisis data yang digunakan. Siswa kelompok B RA Al-Iswah Kota Cimahi menjadi partisipan atau responden penelitian. Mereka menemukan 13 individu selama tahun ajaran 2018–2019. Hasil Kapasitas untuk menentukan awal dari suatu tindakan sebelum diambil menerima skor rata-rata 35,46 dengan kriteria yang sangat sedikit, menurut data penelitian.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Aqib Zainal, Eko. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Cv Yrama Widya.
Aqib Zainal dll. (2009). Panduan Penilaian Autentik Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah. Bandung: CV Yrama Widya.
Hayati, Tuti. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Cv Insan Mandiri
Hidayat Heri dan Siti Aisyah. (2015). Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD. Bandung: CV Arfino Raya.
https://amp.kaskus.co.id (Diunduh 8 Februari 2014, diakses 5 Januari 2019).
http://www.jarialjabar-pusat.com" www.jarialjabar-pusat.com (Diunduh 15 Maret 2015, diakses 5 Januari 2019).
Jarialjabar-matematika.blogspot.com (Diunduh Senin 13 Juli 2009, diakses 5 Januari 2019).
Mulyasa. (2010). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursid. (2017). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda.
Wiyani, N.A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta:Gaya Media.