Kemampuan Looking Back dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa

Isi Artikel Utama

Risma Normalasari
Tika Karlina Rachmawati
Yuli Tri Wiyanto

Abstrak

Looking back menjadi kemampuan yang diperlukan siswa dalam penyelesaian masalah. Dalam pelaksanaan pembelajaran tahap looking back terkadang tidak dilaksanakan oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kemampuan looking back (memeriksa kembali) dalam pemecahan masalah matematika pada siswa, dan langkah yang tepat dalam memecahkan masalah matematika. Metode yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan looking back perlu ditingkatkan dan diberdayakan agar siswa mendapat hasil belajar yang lebih baik. Dengan menerapkan kegiatan looking back siswa dapat secara mandiri mengindikasi kesalahan dan memperbaikinya secara mandiri saat melakukan pemecahan masalah

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles