The Effectiveness of the Logan Avenue Problem Solving-Heuristic Learning Model on Students' Mathematical Problem Solving Ability
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kemampuan pemecahan masalah matematis menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika, untuk meningkatkan kemampuan tersebut salah satu faktornya diperlukan model pembelajaran yang tepat yang dapat mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Logan Avenue-Heuristik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa . Metode yang digunakan yaitu metode Studi Litteratur. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang relevan, model pembelajaran Logan Avenue heuristic dinilai efektif untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan matematis siswa
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Astuti, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Negeri 1 Air Joman.
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Pi : Mathematics Education Jurnal.
Azwardi, Gilang; Sigiarni, Rani. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Pi : Mathematics Education Jurnal.
Berutu, D., Muhammad, I., & Herizal. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Logan Avenue Problem Solving Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Badar. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS).
Endah, D. R. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika).
Fadhilah, L. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Laps-Heuristic Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Prodi Pendidikan Matematika, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Husna. (2018). Students’ creative thinking ability in learning mathematics through learning model of Logan Avenue Problem Solving (LAPS) – Heuristic. Journal of Physics : Conference Series.
Rahman:Munarka;Wiyanti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Laps (Logan Avenue Problem Solving)-Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Wacana Akademika.
Sari, M. (2020). Penelitian Kepustakaan (library research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science : Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Yulianto. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Pi : Mathematics Education Jurna