Peran Pendidikan Islam di Era Globalisasi Perspektif Hadis

Isi Artikel Utama

Khoirunnisa Khoirunnisa
Fitriani Fitriani

Abstrak

This study aims to discuss the hadith about the role of Islamic education. This study uses a qualitative approach by applying the descriptive-analytical method. The formal object of this research is the science of hadith, while the material object is the hadith about the role of Islamic education in the history of Ahmad No. 7965. The results and discussion of this study indicate that the status of quality hadith hasan li ghairihi that meets the qualifications of maqbul ma'mul bih for the practice of Islam. This study concludes that the hadith narrated by Ahmad No. 7965 is relevant to be used as motivation in studying.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Khoirunnisa Khoirunnisa, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin

Fitriani Fitriani, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Program Magister Pendidikan Agama Islam

Referensi

Aas, A. (2021). Keutamaan Orang Berilmu (Analisis Qs al-Ankabut Ayat 41-43). Journal Islamic Pedagogia, 1(1), 7–13.

Anwar, S. (2016). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Islam, 7.

Bagus, S., & Hamidah, T. (2021). Profesionalisme Kerja dalam Al-Qur’an. Maghza: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 47–62.

Darmalaksana, W. (2018). Paradigma Pemikiran Hadis. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1), 95–106.

Darmalaksana, W. (2020a). Penelitian Metode Syarah Hadis Pendekatan Kontemporer: Sebuah Panduan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Diroyah: Jurnal Studi Ilmu Hadis, 5.

Darmalaksana, W. (2020b). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1, 1–7.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Gusriani, R. Y., & Faulidi, H. (2017). Dakwah dalam Bisnis dan Enterpreneur Nabi Muhammad SAW. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 11(21).

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. HM Arifin. Ummul Qura, 6(2), 1–19.

Mahsun, A. (2013). Pendidikan Islam dalam Arus Globalisasi: Sebuah Kajian Deskriptif Analitis. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 8(2). https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.259-278

Mardiana, D., & Darmalaksana, W. (2020). Relevansi Syahid Ma’nawi dengan Peristiwa Pandemic Covid-19: Studi Matan Pendekatan Ma’anil Hadis. Jurnal Perspektif, 4(1), 12–19.

Putri, N. E. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terpadu Amalia Syukra Padang. Jurnal Edik Informatika Penelitian Bidang Komputer Sains Dan Pendidikan Informatika, 2(2), 203–212.

Saltanera, S. (2015). Ensiklopedi Hadits Kitab 9 Imam. Lembaga Ilmu Dan Dakwah Publikasi Sarana Keagamaan, Lidwa Pusaka. https://store.lidwa.com/get/

Sari, D. P. (2017). Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).

Soetari, E. (1994). Ilmu Hadis. Bandung: Amal Bakti Press.

Soetari, E. (2005). Ilmu Hadits: Kajian Riwayah dan Dirayah. Bandung: Mimbar Pustaka.

Soetari, E. (2015). Syarah dan Kritik Hadis dengan Metode Tahrij: Teori dan Aplikasi (2nd ed.). Yayasan Amal Bakti Gombong Layang.

UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2020). Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.