Pengaruh K-pop terhadap Netizen di Media Sosial Instagram dan Tiktok dalam Perspektif Hadis tentang Akhlak

Isi Artikel Utama

Saila Salsabila

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh K-pop terhadap akhlak netizen di media sosial Instagram dan Tiktok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek penelitian ini adalah ilmu hadis, sedangkan objek materialnya adalah studi kasus hadis tentang akhlak atau etika di media sosial dan tokoh idola dalam riwayat Shahih Bukhari No. 6003 dan Musnad Ahmad No. 4869. Pembahasan penelitian ini meliputi pengaruh K-pop terhadap akhlak netizen di media sosial Instagram dan Tiktok, konsep berakhlak yang baik di media sosial, dan perspektif hadis tentang akhlak dalam media sosial dan tokoh idola. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Islam tidak pernah melarang umatnya untuk menyukai atau mengidolakan seseorang. Namun, ada batasan ketika mengidolakan seseorang itu dengan syarat tidak keluar dari aturan ajaran Islam. Zaman sekarang K-pop memang sudah meraja rela, dan semua idola K-pop berasal dari non-Muslim juga, akan tetapi perlu diingatkan bahwa menyukai K-pop jangan terlalu berlebihan. Penelitian ini diharapkan memiliki manfaat bagi pengayaan khazanah pengetahuan Islam.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Andriani, F. (2019). Perkembangan Etika Komunikasi Islam Dalam Media Sosial. At Tabsyir Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus, 55-71.

Batubara, H. H. (2017). Pemanfaatan Ensiklopedi Hadis Kitab 9 Imam sebagai Media dan Sumber Belajar Hadis. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 64-65.

Darmalaksana, W. (2018). Paradigma Pemikiran Hadis. JAQFI: Jurnal Aqidah Dan Filsafat Islam, 2(1), 95-106.

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2-3.

Darmalaksana, W. (2020). Prosiding Proses Bisnis Validitas Hadis untuk Perancangan Aplikasi Metode Tahrij. Jurnal Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-7.

Darmalaksana, W. (2022). Panduan Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir. Bandung: Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dewi, S. I. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13-14.

Fahrimal, Y. (2018). Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan, 69-78.

Fauziah. (2015). Fandom K-pop Idol dan Media Sosial. Skripsi. Digilib UNS, 5-20.

Hefni, H. (2014). Perkembangan Ilmu Komunikasi Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 326-343.

Mahmud, A. (2019). Ciri dan Keistimewaan Akhlak Dalam Islam. Sulesana, 1-5.

Maulinda, R. (2016). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Proceeding Universitas Pamulang, 1-5.

Mulawarman, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial Beserta Implikasinya Ditinjau Dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. Buletin Psikologi , 36-37.

Nabilah, S. Y. (2018). Fanatisme dan Perilaku Agresif Verbal di Media Sosial pada Penggemar Idola K-Pop. Jurnal Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi, 59-72.

Nasrullah, R. (2015). Teori Media Sosial (Perspektif Komunikasi, Kultur, Sosio-Teknologi). Yogyakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Nazaruddin. (2021). Etika Komunikasi Islami Di Media Sosial Dalam Perspektif Al Quran. Jurnal Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam, 78-80.

Nurdin. (2020). Kajian Hadits Tematik Tentang Tokoh Idola Perspektif Islam . OSF preprints, 1-3.

Putri, L. A. (2020). Dampak Korea Wave Terhadap Prilaku Remaja. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 43-47.

Rinata, A. R. (2019). Fanatisme Penggemar Kpop Dalam Bermedia Sosial Di Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 13-22.

Rosita, M. S. (2019). Islam Dan Etika Bermedia. Research Fair Unisri 2019, 139-141.

Sari, D. P. (2016). Berpikir Matematis Dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi, Integratif, dan Abstrak. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5(1), 79-80.

Sari, M. P. (2017). Fenomena Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pembelajaran Agama Islam. Jom Fisip, 1-5.

Tartila, P. L. (2013). Fanatisme Fans Kpop Dalam Blog Netizenbuzz. Commonline, 1-5.

Tuty Mutiah, I. A. (2019). Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 14-15.

Wijayanti, A. (2012). Hallyu: Youngstres Fanaticism of Korean Pop Culture. Journal of Sociology, 1-24.