Tantangan Perkembangan Spiritualitas Anak di Era Digital

Isi Artikel Utama

Andini Andini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membahas perkembangan spiritualitas anak di era digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analitis. Objek formal penelitian ini adalah teori perkembangan spiritualitas, sedangkan objek materialnya ialah perkembangan spiritualitas di era digital. Konteks penelitian ini yakni perkembangan spiritualitas anak di era digital. Hasil dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi digital sangat mempengaruhi pertumbuhan spiritual anak. Penelitian ini menyimpulkan ternyata perkembangan spiritualitas anak di era digital dapat mengalami gangguan sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi para pendidik. Penelitian ini merekomendasikan kepada berbagai pihak agar dapat lebih memahami perkembangan spiritualitas anak di era digital lebih luas dan semoga dapat menjadi salah satu kebermanfaatan untuk semua orang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Andini Andini, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jurusan Tasawuf dan Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin

Referensi

Iqbal, M., & Prawening, C. (2018). Refleksi Kebenaran: Prinsip Kejujuran Sebagai Komunikasi Spiritual Anak di Era Digital. al-Balagh: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 3(2), 175-192.

Jahja, Y. (2011). Psikologi perkembangan. Kencana.

Fridayanti, F. (2015). Religiusitas, Spiritualitas Dalam Kajian Psikologi dan Urgensi Perumusan Religiusitas Islam. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(2), 199-208.

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wiyanto, W. (2019, July). Pendidikan Di Era Digital. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Utamayasa, I. G. D., & Anggreni, M. A. (2021). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Jakad Media Publishing.

Nahriyah, S. A. (2017). Tumbuh kembang anak di era digital. Risalah, 4(1), 65-74.Ayunina, Ilma. 2019. “Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karater Siswa Di Era Digital.” Risalah 5(2):1–19.

Danim, Sudarwan. 1995. Media Komunikasi Pendidikan: Pelayanan Profesional Pembelajaran Dan Mutu Hasil Belajar. Bumi Aksara.

Fabiana Meijon Fadul. 2019. “Strategi Islamic Parenting terhadap Dinamika Pendidikan Karakter dan Spiritualitas Anak dalam menghadapi Society 5.0.” 2(1):27–37.

Putri, Dini Palupi. 2018. “Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar 2(1):37–50.

Rahmatullah, Azam Syukur. 2017. “Pendidikan Keluarga Seimbang Yang Melekat Sebagai Basis.” Cendekia 15(2):211–24.

Sari, Nove Kurniati. 2020. “Dinamika Perkembangan Spiritualitas Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8(1):53–65. doi: 10.30603/tjmpi.v8i1.735.

Syifa, Layyinatus, Eka Sari Setianingsih, and Joko Sulianto. 2019. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 3(4):538. doi: 10.23887/jisd.v3i4.22310.