The Use of E-Book Media Relates to Learning Motivation in Islamic Religious Education and Characteristics Material on the Entry of Islam in Indonesia
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Realitas Tanggapan siswa kelas X SMK Bani Abdul Malik Bandung Barat terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran, Realitas motivasi belajar mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia, hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata Pelajaran PAI dan Budi pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia. Pendekatan dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan studi pustaka. Sampel yang diambil sebanyak 25 siswa dari jumlah populasi sebesar 72 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial per indikator, uji normalitas, uji tendensi sentral, uji persamaan regresi linier, dan uji koefisien korelasi. Hasil penelitian memperoleh simpulan bahwa Realitas tanggapan siswa dalam penggunaan media e-book dalam pembelajaran memperoleh nilai rata-rata sebesar 3,91 berkategori tinggi, Realitas motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,20 berkategori sangat tinggi, Tanggapan siswa terhadap penggunaan media e-book dalam pembelajaran dan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti materi masuknya agama Islam di Indonesia memiliki hubungan atau korelasi yang signifikan dengan diperoleh nilai korelasi sebesar 0,45 berkategori sedang
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ahmadi, A. (2009). Psikologi Umum. In Psikologi Umum. Rineka Cipta, Jakarta.
Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta.
Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
B Uno, H. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Rineka Cipta.
Hasan Muhammad, D. (2021). Media Pembelajaran (F. Sukmawati (ed.)). Tahta Media Grup.
Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Antasari Press, Banjarmasin
Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/3705/2775
Mentari, D., Sumpono, S., & Ruyani, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran e-book berdasarkan hasil riset elektroforesis 2-d untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PENDIPA Journal of Science Education, 2(2), 131–134. https://doi.org/10.33369/pendipa.2.2.131-134
Muftie, Z. (2016). Tanggapan Siswa Terhadap Pembiasaan Membaca Al-Qur'an Hubungannya Dengan Motivasi Belajar Mereka Pada Mata Pelajaran PAI. At-Thullab, I. https://doi.org/10.15575/ath.v1i1.2439
Nugrahani, R., & Rupa, J. S. (2007). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8, 19–35.
Rahayu, Y. N. (2019). Statistika Pendidikan. Bandung
Sujanto, A. (2012). Psikologi Umum. Bumi Aksara, Jakarta.
Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.
Taufik, Ahmad dan Setyowati, Nurwastuti. (2021). Pendidikan Agama dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas X. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Jakarta.