Implementasi Kisah Teladan Nabi Muhammad SAW pada Siswa SMKN 7 Bandung

Isi Artikel Utama

Fitri Nur Arifin
Haifa Fadillah Agustina
Husni Mubarak Pamungkas
Inne Ratika

Abstrak

Keteladanan berarti segala hal yang bisa dicontoh atau ditiru oleh seseorang dari orang lain. Disini keteladanan yang dimaksud adalah keteladanan yang baik sebagai alat pendidikan islam untuk meningkatkan kualitas akhlak seseorang. Nabi Muhammad SAW. sebagai nabi terkahir yang diutus untuk semua manusia dari semua golongan menjadi sumber teladan yang perlu diterapkan dalam setiap aspek kehidupan, khususnya terkait akhlak. Pemerosotan akhlak, adab dan nilai moral yang terjadi pada generasi muda sekarang perlu dirubah dan diperbaiki salah satunya melalui teladan yang baik dari Nabi Muhammad SAW. Melalui kisah-kisahnya. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMKN 7 Bandung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode kisah teladan nabi Muhammad SAW. Pada siswa/siswi SMKN 7 Bandung dengan menggunakan metode penelitian studi lapangan berbasis data. pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah Guru SMKN 7 Bandung. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik wawancara/interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa di SMKN 7 Bandung, pelaksanaan pendidikan agama khususnya pendidikan akhlak itu cukup dalam. Kisah teladan nabi Muhammad SAW. Tidak hanya di ajarkan secara teori saja namun juga diterapkan secara langsung dalam kehidupan sehari-hari

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

http://etheses.iainponorogo.ac.id/3065/1/JULIA%20I.P_PAI%28210314165%29_%20SKRIPSI%20IAINPO.pdf (diakses pada 23 Desember 2022)

http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/2649/3/131310000720_BAB%20II.pdf (diakses pada 23 Desember 2022)

https://media.neliti.com/media/publications/291595-metode-keteladanan-perspektif-pendidikan-44fd9cf0.pdf (diakses pada 23 Desember 2022)

https://islamkaffah.id/tampilan-dan-pakaian-sunnah-1-cara-berpakaian-ala-rasulullah-saw/ (diakses pada 24 Desember 2022)

https://alif.id/read/rizal-mubit/sikap-santun-rasulullah-kepada-keluarga-dan-sahabatnya-b241478p/ (diakses pada 24 Desember 2022)

https://www.academia.edu/37466325/Kisah_Uwais_al_Qarni (diakses pada 24 Desember 2022)

https://www.academia.edu/37466325/Kisah_Uwais_al_Qarni (diakses pada 25 Desember 2022)

Arif Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Cet. 1; Jakarta: Ciputat Pers, 2002),h 116.

Bashis Tashmita, (KISAH NABI MUHAMMAD SAW) DALAM MENINGKATKAN AKHLAK PESERTA DIDIK SMP NEGERI SATAP RAJA KEC. BUA KAB. LUWU, 2016

Hamzah B. dan Nurdin Mohamad, Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran, Aktif, Inofatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), 7

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam (Jakarta: Ciputat Pers, 2002), 160