Implementasi Sholat Dhuha Berjamaah Untuk Membentuk Akhlak Rabbani Pada Siswa Di SDIT At Tajdied Pasirjambu

Isi Artikel Utama

Intan Edlis Permata Putri
Kresna Ralfsanjani
Mohamad Arief Fadillah

Abstrak

Ada tiga penelitian yang penting dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak rabbani pada siswa yaitu: pertama , bagaimana pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak siswa. kedua nilai apa saja yang di peroleh dari pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak rabbani pada siswa. ketiga, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan shalat dhuha berjamaah untuk membentuk akhlak rabbani pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang di peroleh melalaui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informasinya adalah kepala sekolah, guru agama.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Andayani, A., & Dahlan, Z. (2022). Konstruksi Karakter Siswa VIa Pembiasaan Shalat Dhuha. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 99. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v7i2.6531.

Elihami, & Ekawati. (2020). Persepsi Revolusi Mental Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 16. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/379

Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521.

Fatihah, I. (2019). Manajemen Pembelajaran Agama melalui Pembiasaan Shalat Dhuha di Sekolah Dasar Negeri Mega Eltra. JIEM (Journal of Islamic Education Management), 3(1), 50. https://doi.org/10.24235/jiem.v3i1.5429.

Lizawati, & Uli, I. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Sastra Lisan di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Dasar Pembelajaran, 8(2), 140– 149. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.2911.

Musanna, A. (2010). Revitalisasi Kurikulum Muatan Lokal untuk Pendidikan Karakter melalui Evaluasi Responsif. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(III). https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.516.

Mulyani, E. S., & Hunainah, H. (2021). Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Disiplin Belajar Siswa. Qathrunâ, 8(1),1. https://doi.org/10.32678/qathruna.v8i1.4782.

Yudabangsa, A. (2020). Pengembangan Kesadaran Keberagamaan dan Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembiasaan Shalat Dhuha’. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 117. https://doi.org/10.51278/aj.v2i1.30.

Romadonah, E. S., & Maharani, I. N. (2019). Implementasi Pembentukan Akhlak Terpuji melalui Pembiasaan Shalat Dhuha pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun TK Islam An Nuur Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Kependidikan, 5(2), 115–122. https://doi.org/10.37150/jut.v5i2.488.

https://muslim.or.id/44198-fikih-shalat-dhuha.html