Reinternalisasi Ayat-Ayat tentang Materi Pendidikan Perspektif Tafsir
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna materi pendidikan Islam di dalam al-Qur’an perspektif Tafsir al-Misbah yang kemudian diinternalisasikan dalam kehidupan peserta didik di Era Society 5.0. Melalui metode kualitatif, dengan metodologi tafsir maudhu’i dan memanfaatkan studi literatur, hasil penelitian ini memaparkan bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik tidak dibatasi untuk berkreasi dan mengembangkan potensi sesuai dengan kebutuhan zaman, dan justru hal tersebut harus didorong dan dilakukan agar menjadi peserta didik yang adaptif dan kompeten di Era Society 5.0, dengan catatan tetap menjadikan akidah, ibadah, dan akhlak sebagai pegangan dan pedoman. Proses reinternalisasi materi pendidikan di dalam al-Qur’an perspektif Tafsir al-Misbah memberi dampak yang baik pada peserta didik, di antara dampaknya antara lain: 1) membentuk dan menjadikan peserta didik yang hati-hati dalam bertindak dan bersikap; 2) menjadikan peserta didik pribadi yang pandai dalam memfilter informasi; 3) kegiatan ibadahnya tidak hanya berdampak pada kecerdasan spiritual saja, melainkan juga kecerdasan emosional; dan 5) memiliki kepribadian yang baik terhadap dirinya dan orang-orang di sekitarnya
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.