Analisis Permainan Tradisional Congklak dalam Pembelajaran Matematika Materi Peluang
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran matematika yang terdapat pada permainan tradisional congklak. Metode yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi dikarenakan penelitian ini didasari oleh fenomena kebudayaan Indonesia yaitu permainan tradisional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional congklak terdapat unsur pembelajaran matematika di dalamnya, salah satunya yaitu mengenai materi peluang. Pada pembahasan, penelitian ini mengidentifikasi materi peluang pada permainan congklak khususnya di bagian langkah-langkah atau tata cara dalam permainan
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Agustin, R. (2021). Pembelajaran Matematika Berbasis Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 23–30.
Darwanto, & Dinata, K. B. (2021). Pengantar Teori Peluang. Lampung: UMKO Publishing.
Hidayat, A., & Fathoni, A. (2020). Analisis Pengaruh Permainan Tradisional Congklak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 36–46.
Ilham, Ali, M., Syaputra, E., & Munar, H. (2018). Pemanfaatan Permainan Tradisional Dalam Pencapaian Indikator Pembelajaran. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(1), 25.
Irpan, S. (201M). Teori Peluang. Mataram: Sanabil.
Kurniawan, A. W. (2019). Olahraga dan Permainan Tradisional. Malang: Wineka Media.
Lacksana, I. (2017). Kearifan Lokal Permainan Congklak sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik melalui Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Satya Widya, 33(2), 111.
Lailiyah, S., & Harimurti, R. (2017). Pengaruh Permainan Congklak terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Self-Esteem Siswa. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika, 4(1), 89–98.
Maulida, S. H. (2020). Pembelajaran Matematika Berbasis Ethnomatematika melalui Permainan Tradisional Engklek. Lemma: Letters of Mathematics Education, 7(1), 35–39.
Natalia, P. (2015). Efektivitas Penggunaan media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 348.
Rohmatin, T. (2020). Ethnomatematika Permainan Tradisional Congklak sebagai Teknik Belajar Matematika. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 147.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 60.
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika dalam Prespektif Kontruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 64.
Surya, E., & Utomo, S. W. (2018). Penerapan Permainan Congklak dalam Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV. Jurnal Pembelajaran Matematika, 6(1), 36–46.
Sutarti, T., & Kurniawati, I. (2019). Pengembangan Media Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV. Jurnal Edukasi Matematika, 6(2), 183–194.
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kasiang, Y. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia. International Journal of Elementary Education, 4(1), 108.
Yulita, R. (2017). Permainan Tradisional Anak Nusantara. Jakarta Timur: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.