EFEK PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR SISTEM SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Di Indonesia, keterampilan berpikir sistem (KBS) belum mendapatkan perhatian serius sehingga sulit bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan ini. KBS merupakan keterampilan yang diperlukan siswa untuk menghadapi era revolusi 5.0 serta untuk melihat suatu peristiwa yang rumit guna menemukan dan membentuk cara berpikir untuk menghadapi peristiwa tersebut. Pembelajaran berbasis proyek dimaksudkan untuk menjembatani siswa dalam mengasah KBS dengan hasil akhir berupa produk nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran berbasis proyek terhadap keterampilan berpikir sistem siswa. Penelitian ini berupa penelitian kuantitatif dengan desain penelitian non-equivalent control group menggunakan quasi experiment. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 36 siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas control dan 35 siswa X MIPA 5 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan adanya peningkatan hasil posttest pada kedua kelas yang digunakan. Hasil uji Mann-Whitney menunjukan hasil 0,001 (<0,005) yang berarti hipotesis diterima dan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis proyek ini memberikan pengaruh terhadap keterampilan berpikir sistem siswa.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Assaraf, O. (2019). High School Student "Understanding of the Human Body System". Journal of Research in Science Education, 33 – 56.
Boersma, K. (2011). The Feasibility of System Thinking in Biology Education. Journal of Biological Education,45 (4), 190-197.
Boersma, K. A. (2011). The Feasibility of Systems Thinking in Biology Education. Journal of Biological Education,45 (4), 190-197.
Clark, S., Petersen, J. E., Frantz, C. M., Roose, D., Ginn, J., & Rosenberg Daneri, D. (2017). Teaching systems thinking to 4th and 5th graders using Environmental Dashboard display technology. PloS one, 12(4), e0176322.
Gilisen, M. G., Knippels, M.-C., Verhoeff, R. P., & dan Van Joolingen, W. R. (2020). Perspektif guru dan pendidik tentang pemikiran sistem dan Implementasinya dalam pendidikan biologi Belanda. . Journal of Biology Education, 486.
Heryana, Ade. (2023). Bekerja dengan Data Tidak Normal. Jakarta:Universitas Esa Unggul.
Nagarajan, S., & Overton, T. (2019). Promoting systems thinking using project-and problem-based learning. Journal of Chemical Education, 96(12), 2901-2909.
Nayono, S. E., & Nuryadin, E. R. (2013). Pengembangan model pembelajaran project based learning pada mata kuliah computer aided design. Jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 21(4), 340-347.
Rahayu, S. J., Sukarmin, S., & Karyanto, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Menengah Pertama Di Surakarta. Edusains, 11(2), 279-285.
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60-71.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Sainani, K.L. (2012). Dealig with Non-normal Data. Physical Medicine and Rehabilitation, 4, 1001-1005.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tripto, J., Assaraf, O. B.-Z., & Amit, M. (2013). Mapping What They Know: Concept Maps as an Effective Tool for Assessing Students’ Systems Thinking . American Journal of Operations Research, 245-258.
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (Uji homogenitas dan uji normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1).
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Oenelitian, dan Pengembangan, 448-453.