PEMBELAJARAN SISTEM PERTAHANAN TUBUH MELALUI MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan dalam pembelajaran abad 21 yang penting dimiliki siswa karena dapat membantu dalam menganalisis argumen dan memunculkan suatu pengetahuan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan model think talk write pada materi sistem pertahanan tubuh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berupa quasi experimental. Waktu pelaksanaan penelitian ini pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel penelitian yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 di salah satu MA Negeri di Bandung Barat sebanyak 52 orang. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes dengan indikator keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan nilai N-Gain 0,51 (kategori sedang) di kelas eksperimen sedangkan di kelas kontrol N-Gain sebesar 0,42 (kategori sedang). Hasil uji mann whitney asymp sig. (2 tailed) sebesar 0,035 (kriteria: 0,035 < 0,05) menunjukan terdapat pengaruh positif penggunaan model think talk write terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran model think talk write terdapat peningkatan dan pengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Aminoto, T., dan Agustina, D. (2020). Mahir Statistika dan SPSS. Tasikmalaya: Edu Publisher. Daha, K. S., dan Lestari, P. B. (2018). Pengaruh Model Think Talk Write (TTW) Berbantu Media gambar Terhadap Hasil belajar Kognitif Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Sistem pernapasan Kelas VIII SMP Negeri Kodi. Edubiotik, 3(2), 23-29.
Habibati. (2017). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Isrok'atun, dan Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi aksara.
Juniasih, N. W., et al. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-13.
Lismawati, Ismail, W., dan Salahuddin. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Bermedia Poster Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Biotek, 7(1), 1-13.
Melisa, dan Rahmawati. (2016). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Bermedua power Point Terhadap Hasil belajar Siswa Pada Materi Sisten Ekskresi Pada Manusia Kelas VIII SMPN 4 Bireuen. JESBIO, 5(1), 1-6.
Mujiyati. (2018). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Dengan Penerapan Model Problem Based learning (PBL) Bagi Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Konvergensi, 5(23), 91-106.
Mustofa, Z., Ulya, I., Pangestu, R. T., L, R. R., dan Prayitno. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(1), 19-35.
Mustofa, Zam-zam., et al. (2023). Strategi Peningkatan Konsentrasi Belajar SIswa Dalam Memahami Materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Damhil Education Journal, 3(1), 19-35.
Neolaka, A. (2019). Isu-Isu Kritis Pendidikan: Utama dan Tetap Penting Namun Terabaikan. Jakarta: Prenada Media Group.
Pratiwi, G. S., Bahar, A., dan Elvia, R. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dan Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, 3(2), 185-194.
Quraisy, A. (2020). Normalitas Data Menggunakan Uji Kolmogoro-Smirnov dan Saphiro Wilk. J-Hest: Journal of Health, Education, Economics, dan Technology, 3(1), 7-11.
Raida, S. A. (2018). Identifikasi Materi Biologi SMA Menurut Pandangan Siswa Dan Guru SMA Se-Kota Salatiga. Journal of Biology Education, 1(2), 209-222.
Reski, D. J., dan Ilyas, A. (2019). Konsep Kesiapan Siswa Dalam Mengerjakan Tugas. Indonesian Journal of School Conseling, 1(2), 33-38.
Riyati, Y., Bustami, Y., dan Julung, H. (2021). Pengaruh Think Talk Write Berbasis Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Biologi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 9(1), 57-62.
Rosnaeni. (2021). Karakteristik dan Asesmen Pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339.
Setiawan, et al (2017). Statistika Edisi Revisi. Yogyakarta: Penerbit CV Andi Offset.
Suciono, W. (2021). Berpikir Kritis (Tinjauan Melalui Kemandirian belajar, Kemampuan Akademik, dan Efikasi Diri). Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Sudarsiman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Floera, 2(1), 1-15.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sulaiman, Agus, M., & Indramini. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Film Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Bahasa, 11(3), 155-172.
Supriyati, et al. (2018). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Swasta Di Sragen Pada Materi Sistem Reproduksi. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(2), 74-80.
Wulandari, I. A., Mu'min, M. Bahrul., dan Firdaus, M. G. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis (KBKr) Melalui pembelajaran Biologi Berbasis Keterampilan Proses Sains. BioEdUIN, 11(1), 63-70.
Yanuarta, L., Gofur, A., dan Indriwati, S. E. (2016). Pemberdayaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Implementasi Model Pembelajaran Think Talk Write Dipadu Problem Based Learning. Proceeding Biology Education Conference (hal. 268-271). Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Yudhanegara, K. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Revika Adi.
Yulizar. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Subtema Keluarga Besarku Siswa Kelas I SD Negeri 3 Banda Aceh. Serambi Akademica, 5(1), 75-84.