PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Isi Artikel Utama

Luqyana Dhiya Ulhaq
Sri Hartati
Ukit

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kreatif. Model CPS merupakan suatu model yang menggunakan enam tahapan pembelajaran yaitu Objective Finding, Fact Finding,Problem Finding, Idea Finding, Solution Finding dan Acceptance Finding. Proses Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa 10 soal essay pretest dan posttest. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI dengan sampel kelas XI IPA 1 (eksperimen) dan XI IPA 6 (kontrol), pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang sifnifikan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model CPS. Hal ini ditunjukan oleh rata- rata-rata posttest pada kelompok eksperimen sebesar 89 sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh rata-rata posttest sebesar 81. Analisis uji Mann-Whitney dari hasil tersebut hipotesis yang diajukan diterima dengan perolehan Asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang sangat signifikan, maka dapat dinyatakan bahwa penggunaan model CPS berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi manusia

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Busyairi & Sinaga. (2015). Strategi Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal pengajaran MIPA, 20(2): 133-143.

Hanief, Yulingga N & Wasis H. (2017). Statistik Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Hartati, Risa. (2016). “Peningkatan Aspek Sikap Literasi Sains Siswa SMP melalui Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPA Terpadu”. Jurnal Edusains. 9 (1): 90- 97.

Hartantia, Restika M. Randi. (2013). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Kimia pada Materi Pokok Termokimia Siswa Kelas XI. IA2 SMA Negeri Colomadu 82 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(2).

Huda, & Miftahul. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irnaningtyas. (2014). Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Isti, D,N,S. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 1(2).

Johnson, Elaine B. (2014). CTL Contextual Teaching & Learning. Bandung: Kaifa Learning.

Lestari dan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika

Aditama.Mahtari, S., & Biazus, M. D. (2022). The Impact of Project-Based Learning (PjBL) Model on Secondary Students’. International Journal of Essential Competencies in Education, 1(1): 38- 48.

Marjan J, Arnyana,I. dan Setiawan,A (2014). “Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA. Muallimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat”. Jurnal penelitian pascasarjana Undiksha, 4 (1) : 2.

Puspita, L., Supriyadi, N., & Pangestika, A. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Disertai Teknik Diagram Vee Terhadap Keterampilan Berpikir

Kreatif Peserta Didik Materi Fungi Kelas X MAN Bandar Lampung. Jurnal Tadris Pendidikan Biologi, 9(1): 1-12.

Priadi, Arif & Yanti Herlanti, (2014), Biologi 1 Untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 Kelompok Peminatan. Yudhistira, Jakarta.

Sari, W. P., & Oktamarsety, W. (2016). Integrasi Pembelajaran Konsep Sets Dengan CPS Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Dalam Mengelola Sumber Daya Alam Melalui Konservasi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education),Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, 355-360.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung : Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, Z. L., & Bukit, N. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpiki Kreatif Pada Materi Fluida Dinamis Di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2).

Widana, I Wayan & Putu L.M. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang : Klik Media.