RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTU WORDWALL PADA MATERI SISTEM PERTAHANAN TUBUH
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini didasarkan pada permasalahan pembelajaran yang ditemukan di Sekolah Menengah Atas, yaitu model pembelajaran yang dipakai oleh guru kurang bervariasi. Siswa yang merasa bosan dalam menerima pelajaran, dan aktivitas selama pembelajaran di kelas cenderung pasif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning berbantu wordwall pada materi sistem pertahanan tubuh. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Perolehan data dari penelitian ini yaitu melalui pengisian instrumen angket respon siswa dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata respon siswa yaitu sebesar 80,44% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning berbantu wordwall pada materi sistem pertahanan tubuh sangat baik. Model pembelajaran discovery learning berbantu wordwall ini dapat digunakan sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan lingkungan belajar dimana setiap siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk berkembang.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ana, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.Pedagogi. : Jurnal Ilmu Pendidikan, , 18(2), 56.
Andriani, Nur. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 147 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 276-286.
Kahar, A.P. (2018). Profil Persepsi Siswa Kelas XII SMAN 6 Pontianak Terhadap Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan. 7(1), 70.
Kasa, Dkk. (2021). Efektifitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Ips Secara Daring (Online) Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. 1(2), 154-159.
Kusuma, Apriadi Marki., dkk. (2017). Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di Kelas X SMA. Artikel Ilmiah. Prodi Pendidikan Biologi : Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Neolaka A, N. G. (2017). Landasan Pendidikan. Depok: Kharisma Putra Utama.Restu, w. (2016). Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan. Fakultas ilmu pendidikan, 3-4.
Saleha, S., & Nadar, N. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Pelajaran IPA di Sdn Pudete. Jurnal Pendidikan Guru, 154- 176.
Salmi. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning di kelas IV DS. jurnal Basicedu, 174-179.
Suryani, A., & Kurniawan, A. (2019). Teknik Pengelolaan Audio Video. jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Switri, Endang. (2019). Teknologi dan media Pendidikan Dalam Pembelajaran. Pasuruan, Penerbit Qiara Media.
Suhartono, B. S., Suarsini, E., dan Tenzer, A. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Sistem Imun untuk Kelas XI SMA
Triastuti, A. (2020). Hubungan Pembelajaran dan Pendidikan Pancasila. Purwokerto: FKIP UMP.
Wardhani, S. P. (2019). Intisari Biologi Dasar. Yogyakarta: Diandra Kreatif. .
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.