ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM SARAF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN Guided Inquiry
Isi Artikel Utama
Abstrak
Berdasarkan studi pendahuluan wawancara diketahui bahwa soal-soal yang digunakan untuk mengevaluasi siswa belum memiliki aspek keterampilan berpikir kritis sehingga penilaian keterampilan berpikir kritis belum diperhitungkan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran guided inquiry pada materi sistem saraf. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian melibatkan 30 siswa kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang menggunakan model guided inquiry diperoleh hasil keterampilan berpikir kritis siswa dengan nilai rata-rata pretest 35,8 dan posttest sebesar 71,6. Nilai N-Gain keseluruhan indikator keterampilan berpikir kritis sebesar 0,5609 dalam kategori efek sedang dengan kategori tafsiran efektivitas sebesar 56,09% dalam kategori cukup efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Guided Inquiry efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ennis, R.H. (2011). The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois
Harini, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Inquiry Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Gerak Hewan dan Manusia. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP), 1(1), 1-13
Isnawan, M. Gilang (2020). Kuasi-Eksperimen. Nusa Tenggara Barat: Penerbit Nashir Al-Kutub Indonesia
Makawiyah, M., Safrijal, S., & Hanani, N. (2023). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Virus Di Sma Negeri 1 Glumpang Tiga. Jurnal Real Riset, 5(1), 22-31.
Mansur, R. (2019). Filsafat Mengajari Manusia Berpikir Kritis. Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 29-37.
Maspupah, M., & Subandi, M. (2019). Pengembangan Modul Praktikum Struktur Hewan Berbasis Guided Inquiry. Jurnal BIOEDUIN: Program Studi Pendidikan Biologi, 9(1), 53-62.
Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing
Nursyamsi, A., Suwondo, S., & Zulfarina, Z. (2021). Penggunaan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terintegrasi Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Kampar Timur. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6295-6304.
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui model inkuiri terbimbing pada materi laju reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 385-394.
Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kolaborasi Siswa. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 11(1), 22-31
Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor dalam pembelajaran fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149-161.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis tingkat keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(1), 11-16.
Zandvakili, E., Washington, E., Gordon, E. W., Wells, C., & Mangaliso, M. (2019). Teaching patterns of critical thinking: The 3CA Model—Concept maps, critical thinking, collaboration, and assessment. SAGE Open, 9(4), 2158244019885142.