ASESMEN KINERJA PRODUK PADA MATERI SISTEM SARAF

Isi Artikel Utama

Selly Selly
Tri Wahyu Agustina
Ukit

Abstrak

Produk karya siswa merupakan hasil pembelajaran yang menekankan adanya solusi dari pemecahan masalah  yang ditemukan oleh siswa di lingkungan sekitarnya, salah satunya pada sistem saraf. Produk diimplementasikan dari  model Problem based learning berbasis STEM sehingga siswa mengaplikasikan pengetahuannya untuk mendesain  dengan memanfaatkan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model Problem Based  Learning berbasis STEM terhadap asesmen kinerja produk alat peraga kelainan struktur dan fungsi saraf yang  disebabkan oleh senyawa psikotropika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatatif. Perangkat penelitian berupa  task kinerja siswa dengan instrumen penelitian lembar asesmen kinerja produk beserta rubriknya (kesesuaian isi,  kesesuaian konsep, dan daya kreativitas). Sampel dipilih melalui purposive sampling terdiri dari 36 siswa kelas  eksperimen dan 36 siswa kelas reguler di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kota Bandung. Hasil asesmen kinerja produk alat peraga  menunjukkan persentase nilai 95% berkriteria sangat baik pada kelas eksperimen dan 87,5% berkriteria sangat baik  pada kelas reguler. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa model PBL berbasis STEM berpengaruh terhadap  asesmen kinerja produk siswa. Model PBL berbasis STEM dapat digunakan untuk membekalkan pembelajaran produk  karya siswa. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustina, T. W., Rustaman, N. Y., & Riandi, P. W. (2017). The Learning of Compost Practice in University. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1-6.

Agustina, T. W., Rustaman, N. Y., & Riandi: Purwaningsih, W. (2018). The learning of aquaponics practice in university. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 1.

Aliyah, S. M. (2017). Pemanfaatan Sampah Sebagai Alat Peraga Edukatif Bagi Siswa-Siswi PAUD. JDC, 73.

Anggraeni, D. (2015). dampak Bagi pengguna Narkotika, Psikotropika, dan zat Adiktif (Napza) di Kelurahan Gunung Kelua Samarinda Ulu. eJournal Sosiatri-Sosiologi, 44.

Anwari, I., Yamada, S., Unno, M., Saito, T., Sumarwa, I. R., Mutakinati, L., & Kumano, Y. (2015). Implementation of Authentic Learning and Assessment through STEM Education Approach to Improve Students’ Metacognitive Skills. K-12 STEM Education , 126.

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah, N., dan Wajdi, M. (2022). Integrasi STEM- Problem Based Learning melalui Daring Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi Pendahuluan, 6(1), 1–10.

Firdaus, A., & Hidayati, E. (2018). Pengetahuandan Sikap Remaja Terhadap Penggunaan Napza Di Sekolah Menengah Atas Di Kota Semarang. Jurnal Keperawatan, 2-3.

Lutfi, L., I, I., & Aziz, A. A. (2017). Pengaruh project based learning terintegrasi STEM terhadap literasi sains, kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Biologi Dan Pembelajarannya, 193.

Meutia, S., Utami, N., Rahmawati, S., & Himayani, R. (2021). Sistem Saraf Pusat dan Perifer. Medula, 311.

Mustaqim, I., Irwansyah, M. A., & Sukamto, A. S. (2018). Aplikasi Media Pembelajaran Biologi Sistem Saraf Pusat Menggunakan Augmented Reality. JEPIN (Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika), 1.

Nadiya, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Materi Sistem Saraf. Jurnal Pendidikan Biologi, 6.

Nalle, S., & Asih, J. L. (2022). Jurnal Pendidikan Modern. Efektifitas Alat Peraga Bahaya Rokok dari Barang Bekas Terhadap Hasil Belajar Siswa, 48.

Noviyani, A., & Maison, M. S. (2021). The influence of PJBL-Stem and PBL-based on the learning motivation of the students in the mathematical creative thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 33.

Purwanto, A., & Akbar, Z. W. (2021). Integrasi PBL dalam STEM Terhadap Literasi Lingkungan. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Purwanto, B. (2011). Pentingnya Kreativitas Guru Dan Calon Guru Fisika Sma Dalam Upaya Pengembangan Dan Pengadaan Alat Demonstrasi / Eksperimen Untuk Menjelaskan Konsep Dasar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, 235.

Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, C. D., Puspitasari, I. D., & Rubini, B. (2020). PROBLEM BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM DI ERA PANDEMI COVID-19 UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. JIPI (Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA), 193.

Sarmiento, C. P., Morales, M. P., Elipane, L. E., & Palamor, B. C. (2020). Assessment Practices in Philippine Higher STEAM education . Journal of University Teaching and Learning Practice, 18.

Savitri, M. W., Primasatya, N., & Wahyudi. (2022). Pengembangan Media PUZFOAM (Puzzle Styrofoam) untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Struktur Tumbuhan. Efektor, 297.

Septiani, A., & Rustaman, N. Y. (2017). Implementation of Performance Assessment in STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) Education to Detect Science Process Skill. IOP Conf. Series: Journal of Physics, 2.

Smith, K., Maynard, N., Berry, A., Stephenson, T., Spiteri, T., Corrigan, D., . . . Smith, T. (2022). Principles of Problem-Based Learning (PBL) in STEM Education: Using Expert Wisdom and Research to Frame Educational Practice. Education Sciences, 1.

Sulaeman, A. A. (2016). Modul Guru Pembelajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Syafruddin. (2020). Analisis Kreativitas Siswa dengan Pemanfaatan Limbah Plastik dan Kertas sebagai Media Alat Peraga Biologi. Jurnal Pendidikan MIPA, 111.

Topsakal, I., Yalcin, S. A., & Cakir, Z. (2022). The Effect of Problem-based STEM Education on the Students’ Critical Thinking Tendencies and Their Perceptions for Problem Solving Skills. Science Education International, 136.

Vistara, M. F., WIjayanti, K., & Rochmad. (2022). Pertumbuhan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dengan Model Problem-Based Learning melalui STEM. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 498.

Waseso, T., & Manikam R, M. (2015). Aplikasi Pembelajaran Fungsi Sistem Saraf Pada Tubuh Manusia Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Fifo, 236.

Yakob, M., hamdani, H., Sari, R. P., haji, A. G., & Nahadi, N. (2021). Implementation of performance assessment in STEM-based science learning to improve students’ habits of mind. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 629.