KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTU MEDIA PADLET
Isi Artikel Utama
Abstrak
Inovasi dan kreativitas dalam suatu pembelajaran memegang peranan penting untuk meningkatkan kualitas belajar serta kemampuan berpikir kritis siswa dalam memecahkan permasalahan, khususnya pada materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving berbantu media Padlet terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem ekskresi. Metode yang digunakan quasi-eksperimen dengan non-equivalent control group design menggunakan analisis uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, homogenitas, Mann-whitney, serta N- Gain, teknik pengambilan sampel purposive sampling kelas eksperimen sebanyak 36 siswa dan kelas kontrol 35 siswa. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen memperoleh N-Gain 0,74 dengan kategori tinggi. Sedangkan pada kelas kontrol memperoleh N-Gain 0,53 dengan kategori sedang, adapun selisihnya sebesar 0,21. Analisis uji Mann-Whitney dengan perolehan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,011<0,05, menunujkkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap suatu perlakuan, sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian pembelajaran menggunakan model Creative Problem Solving berbantu media Padlet pada materi sistem ekskresi berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. 2022. Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan. 11 (1): 46-57.
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. 2021. Penggunaan Platform Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah. 1 (1): 137-152.
Ambiyar. 2011. Pengukuran Dan Tes Dalam Pendidikan. Padang: UNP Press.
Ananda, R., & Fadhli, M. 2018. Statistika Pendidikan. Medan: CV Widya Puspita.
Anwar, A. 2009. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan Spss Dan Excel. Kediri: IAIT Press.
Asmawati, E. Y., Rosidin, U., & Abdurrahman. 2018. Efektivitas Instrumen Asesmen Model Creative Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 1 (2): 128-143.
Asmidar. 2018. The Effect Of Creative Problem Solving Model Toward Students Learning Activities And Learning Outcomes Of Science Learning. Atlantis Press. 18 (7): 92-94.
Buloto, Y. 2018. Implementasi Pendekatan Pembelajaran 5 M Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di SMP Negeri 4 Gorontalo. Jurnal Riset Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. 3 (2): 126-137.
Campbell, N. A. 2008. Biologi Edisi Ke Delapan Jilid 1, 2, 3. Jakarta: Erlangga.
Fahrisa, N., & Parmin. 2022. Creative Problem Solving (Cps) Learning To Improve Ability An Strudent’s Critical And Creative Thinking On Science Materials. Journal Of Environmental And Science Education. 2 (2): 98-105.
Hardani., Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. 2020. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Ilmi, A. R. M. 2019. Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Performa Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Rekayasa, Teknologi, Dan Sains. 3 (1): 34-41.
Izzuddin, A. 2021. Implementasi Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lembaga Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 3 (1): 45-63.
Jailani., Sugiman., Retnawati, H., Bukori., Apino, E., Djidu, Hasan., & Arifin, Zainal. 2018. Design Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: UNY Press.
Jariyah, A., Wahyudianti, D., & Riyandari, B. A. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas Xi SMAN 2 Langgudu. Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia. 4 (2): 110-120.
Luzyawati, L., & Hidaya, H. 2019. Profil Miskonsepsi Siswa Dalam Materi Sistem Ekskresi Melalui Penugasan Peta Konsep. Jurnal Mangifera Edu. 3 (2): 72-87.
Malisa, S., Bakti, I., & Iriani, R. 2018. Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Vidya Karya. 33 (1): 1-20.
Musfiqon Dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Nugraha, M. 2018. Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan. 4 (1): 27-44.
Nurhayati, N. 2022. Penggunaan Media Aplikasi Padlet Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X Mipa 5 SMA Negeri 3 Bangkalan Pada Masa Pandemi. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan. 2 (1): 12-19.
Nurlaela, L., & Ismayati, E. 2015. Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Nursiami, S., & Soeprodjo. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Flash Interaktif Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 19 (1): 1440-1449.
Nuryadi., Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Gramasurya.
Putri, N. E., Zulyadaini., & Relawati. 2019. Studi Perbandingan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Dan Model Pembelajaran Langsung Di Kelas VII SMPN 6 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (2): 91-97.
Pratiwi, Y. D., Lesmono, A. D., & Astutik, S. 2018. Model Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Kreativitas Ilmiah Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7 (4): 356-363.
Suparman, U. 2021. Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Hots) Peserta Didik. Bandar lampung: Pusaka Media.
Supriadi, G. 2021. Statistika Penelitian Pendidikan. Yogyakarta : UNY Press.
Wayudin., E., Adelia, D., Samah, K. A. F. A., & Riza, L. S. 2022. The Creative Problem Solving Model In Animation Based Multimedia To Improve Students Creative Tinking Ability. Journal Of Positive Scool Psycology. 6 (4): 7123-7132.
Yanti, N. L. M. S. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbasis Educative Games Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ipa Kelas IV Di Gugus Iv Kecamatan Kuta, Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran. 1 (2): 90-99.
Zakia, L., & Lestari, I. 2019. Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Zikra. Alberida, H., & Sumarmin, R. 2016. Developing Of Interactive Compact Disc (Cd) Of Human Excretory System Topic For Students High School. Jurnal Biologi Dna Pendidikan Biologi. 2 (1): 102-113.
Zubaidah, S. 2017. Ilmu Pengetauan Alam. Depok: CV Arya Duta.
Zulfiani. 2010. Sistem Ekskresi Manusia. Bogor: PT Regina Eka Utama.