PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP ILMIAH SISWA

Isi Artikel Utama

Fanisa Nadia Nursyahdila
Milla Listiawati
Iwan Ridwan Yusuf

Abstrak

Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) yang menerapkan pembelajaran biologi dengan pengalaman bisa digunakan untuk keterampilan proses sains yang juga memiliki indikator yang selaras. Keterampilan Proses Sains terbagi menjadi KPS tingkat dasar dan KPS tingkat terintegrasi. KPS dasar terdiri dari beberapa indikator yakni, mengamati, mengklasifikasi, mengkomunikasikan, mengukur, memprediksi, dan menyimpulkan. Keterampilan Proses Sains merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki untuk menerapkan sebuah kebiasaan atau habits pada siswa sehingga membentuk keterampilan untuk mampu menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari. Selain KPS, Model Pembelajaran ETH dapat digunakan untuk melihat sikap ilmiah siswa yang juga memiliki indikator serupa dengan KPS Dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa. Adapun Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Observasi, tes, dan angket sikap ilmiah. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh t hitung 7,322 > t tabel 1,673 maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Keterampilan Proses Sains. Selain itu, skor sikap ilmiah menunjukkan rata-rata 82,65 termasuk dalam kategori Cukup.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustina, P. A. (2016). Analisis Keterampilan Proses Sains (KPS) Dasar Mahasiswa Calon Guru Biologi Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016). Seminar Nasional Pendidikan Sains, 71-78.

Amaludin, L. R. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Pencemaran Lingkungan di Kelas VII MTs Al-Ikhlas Kairatu. Biopendix: Jurnal Biologi, Pendidikan, dan Terapan Volume 8 Nomor 2, 107-120.

Carin, S. (1997). Teaching Science Through Discovery. Ohio: Merrill Publishing Co.

Devi, A. L. (2021). Analisis Penerapan Metode Everyone is a Teacher Here terhadap Minat Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 1 Argomulyo. SKRIPSI UIN Raden Intan Lampung, 1-75.

Dwi, F. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Open Inquiry dan Guided Inquiry terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMP pada Tema Suhu dan Perubahan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 18-29.

Dyan, A. (2020). Perbedaan Sikap Ilmiah Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training dengan Model Pembelajaran Direct Instruction. Jurnal Tunas Bangsa 7 (2), 174-188.

Harlen, W. (1992). The Teaching of Science. London: David Fulton Publisher.

Laila, M. (2018). Pengaruh Strategi Everyone is a Teacher Here terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa SMA S PP Dr. M. Natsir Alahan Panjang. Journal of RESIDU volume 2 Nomor 6 , 18-31.

Luthfy, A. S. (2018). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa dengan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2(1), 58-67.

Muntuan, j. R. (2019). Model Pembelajaran Everyone is a Teacher Here dan Pendekatan Quantum Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP . Jurnal Padegogik Volume 2 No 1 , 28-50.

Nirwana, S. H. (2016 ). Penerapan Praktikum Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa . Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia Vol 10 No 2 , 67-89.

Purwanto, N. (2002). Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis . Bandung : Remaja Rosdakarya .

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D . Bandung : Alfabeta .

Uno, B. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Warsono, H. (2013 ). Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung : Remaja Rosdakarya.