HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU POWTOON PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Isi Artikel Utama

Abdul Rojak
Idad Suhada
Sri Maryanti

Abstrak

Hasil belajar kognitif merupakan salah satu dari tiga jenis hasil belajar yang diukur dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hasil belajar kognitif siswa dengan model problem based learning berbantu powtoon pada materi sistem ekskresi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Penelitian ini merupakan penelitan quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, dengan menggunakan soal C1 sampai C4 yang telah divalidasi. Analisis data menggunakan uji parametrik melalui program SPSS versi 26. Berdasarkan analisis data diperoleh untuk kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 39,50 dan posttest 77,83 dengan rata-rata N-Gain yaitu 0,62. Sedangkan nilai rata-rata pretets dan postets kelas kontrol yaitu 46,50 dan posttest 71,00 dengan rata-rata N-Gain 0,45. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,005 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh hasil belajar kognitif siswa menggunakan model problem based learning berbantu powtoon. Dengan demikian nilai yang diperoleh pada kelas eksperimen dengan media powtoon yang di intergrasikan menggunakan model problem based learning pada sintak mengorientasi siswa pada masalah memberikan konsep pemahaman yang efektif bagi siswa. Dapat disimpulkan model problem based learning berbantuan powtoon dapat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Astuti, F. D. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Budaya Belajar dan Penggunaan Media Video Youtube Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Kota Jambi. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 813-825.

Dianawati, N. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V. Mimbar PGSD Undiksha.

Dhanieargo, A. A., Handayanto, A., & Aini, A. N. (2021). Implementasi model problem based learning dan discovery learning terhadap prestasi belajar matematika siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(3), 272-281

Fardany, M. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 101-108.

Hasanah, N. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Smpn 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 1-13.

Herlina, M. S. (2020). Perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran problem based learning berbantuan media audio visual. Jurnal Pendidikan, Biologi dan Terapan Edubiotik, 42-54.

Iwantoro, I. R. (2022). Discovery Learning sebagai Inovasi Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pasca Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Education, 154-167.

Nuralita, A. R. (2020). Keefektifan Model PBL Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar. Mimbar Pgsd Undiksha, 457-467.

Ririn Tiara Sari, A. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Media Video Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Spldv Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2020/2021. Dharma Pendidikan, 59-68.

Saragi, R. &. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Problem Based Learnig Menggunakan VideoScribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 98-107.

Sofiarini, A. &. (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 724-732.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Yuan et. al. 2008. Promoting Critical Thinking Skill through Problem Based Learning. CMU. Journal of Soc. Sci. And Human,2 (2): 85-1.