KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK MELALUI PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA NEARPOD MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Isi Artikel Utama

Indah Puspitaningsih
Meti Maspupah
Maratus Solikha

Abstrak

Keterampilan argumentasi memegang peranan penting pada suatu informasi mengenai isu-isu sains berdasarkan data dan bukti. Dari hasil observasi keterampilan argumentasi peserta didik masih rendah dikarenakan belum menghadapi pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantu media Nearpod terhadap keterampilan argumentasi pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian diambil melalui teknik purposive sampling dengan jumlah 39 peserta didik pada kelas eksperimen dan 39 peserta didik pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pretest-posttest diketahui nilai rata-rata pretest 46,26 dan posttest 66,64 dengan nilai N-Gain sebesar 0,38 tergolong kategori sedang. Pada kelas kontrol menghasilkan nilai rata-rata pretest 41,95 dan posttest 61,33 dengan nilai N-Gain sebesar 0,32 tergolong kategori sedang. Hasil analisis uji t pada aplikasi SPSS versi 26 menunjukkan nilai signifikansi 0,022<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian, model problem based learning berbantu media nearpod berpengaruh positif terhadap keterampilan argumentasi peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Afisha, H. J. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berargumentasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Bioterdidik : Wahana Ekspresi Ilmiah, 3(5).

Arends, R. (2012). Learning to Teach Ninth Edition. New York: Mc Graw Hill.

Artinta, S. V., & Fauziyah, H. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta didik pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2)

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., & Triani, E. (2022). The Effect Of Science Process skills of students argumetation skills. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol 8 Nomor 1.

Destianingsih, E. P. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pebelajaran Fisika Kelas Xi Di SMA Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(6).

Erduran, S., Shimon, S., & Osborne, J. (2004). Tapping into Argumentation: Developments in the Application of Toulmin's Argument Pattern for Studying Science Discourse. Science Education, 8(6)

Mayes, R. a. (2014). Quantitative Reasoning in the contect of energy and environment. Rotterdom: Senses Publishers.

Noviyani, M. S. (2017). Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berargumentasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA dengan Inkuiri Berbasis Argumen. Jurnal Pendidikan Teori : Penelitian dan Pengembangan, Vol. 2 No. 7.

Sarira, d. (2019). Hubungan Argumentasi Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Pada Penerapan Model Problem Based Learning. Edu Sains : Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, Vol 7 No. 2.

Solihah, J., Pramadi, R., & Maspupah, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write untuk Meningkatkan Keterampilan Argumentasi pada Materi Ekosistem . Formusa Journal of Sustainable Research (FJSR), Vol 2 No. 3

Wardani, A. Y. (2018). Kualitas Argumentasi Ilmiah Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(10).

Widiawati, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning berbantu edugame interaktif nearpod terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. JURRIMIPA, 1(2).

Zairina, S. &. (2022). Analisis Keterampilan Argumentasi Peserta didik SMP berbantuan Socio-scientific issue pemanasan global. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 10(1).