HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DELAY AVOIDAN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Isi Artikel Utama

Inten Sudarmika
R. Ading Pramadi
Maratus Solikha

Abstrak

Kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar delay avoidan dengan hasil belajar pada materi klasifikasi makhluk hidup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji korelasional dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data yang diperoleh kebiasaan belajar delay avoidan berasal dari angket dan data kebiasaan belajar berasal dari ulangan materi klasifiksi makhluk hidup dengan jumlah sampel 73 siswa kelas X pada tahun ajaran 2022/2023. Hasil pelitian pada uji dekskriptif diperoleh bahwa kebiasaan belajar delay avoidan memiliki kategori sedang persentase 68,5%. Sedangkan hasil belajar memiliki kategori sedang dengan persentase 63%. Hasil uji uji korelasi menunjukkan adanya hubungan kebiasaan belajar delay avoidan dengan hasil belajar nilai r yang diperoleh sebesar 0,489 dengan interpretasi hubungan sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles