EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ZOOM DAN WHATSAPP GROUP DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Isi Artikel Utama

Gita Silvia Ramadanti
Muhammad Muttaqien
Ukit

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Zoom dan WhatsApp Group dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data yaitu survey tipe Purposive sampling. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 di salah satu SMA Negeri di Bojongsoang. Data yang didapat berupa hasil wawancara guru, jenis angket respon siswa mengenai efektivitas penggunaan zoom dan whatsapp group terhadap pembelajaran daring 26 pernyataan, angket yang telah diisi siswa lalu diolah menggunakan Microsoft excel 2016 dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Rata-rata hasil wawancara guru didapatkan nilai persentase sebesar 58,85% (sedang) yang menunjukkan kurang efektifnya penggunaan zoom dan whatsapp group. 2) Rata-rata nilai hasil belajar kognitif siswa pada materi keanekaragaman hayati didapatkan nilai persentase sebesar 57,22% yang menunjukkan bahwa nilai masih kurang dari nilai KKM. 3) Rata-rata respon siswa terhadap efektivitas penggunaan zoom dan whatsapp group dalam pelaksanaan pembelajaran daring dikatakan positif dikategorikan baik dengan nilai rata-rata adalah 3,95. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring kurang efektif terhadap hasil belajar siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa

Pandemi COVID-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 10(3) Hal 282-289.

Arikunto, S. (2011). Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Naserly, M.K. 2020. Implementasi Zoom, Google Classroom, dan Whatsapp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) pada Mata Kuliag Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal AKSARA PUBLIC. 4(2).155-165.

Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.

Nazir, M. (2011). Metode Penelitian. Bogor : Ghalia Indonesia.

Rusman., Kurniawan, D & Riyana, C. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Rajawali.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1) Hal 31-33.

Vebrianto & Kamisah, O. (2011). The Effect of Multiple Media Instruction in Improving Students’ Science Process Skill and Achievement. Prcedia-Social and Behavioral Sciences 15 Hal 346 – 350.