PENGARUH PjBL BERBANTU EDPUZZLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN

Isi Artikel Utama

Annisa Fujianti
Iwan Ridwan Yusuf
Tuti Kurniati

Abstrak

Project Based Learning (PjBL) diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar dan memberikan penngalaman pembelajaran dalam bentuk proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran PjBL berbantu Edpuzzle terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem imun. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group desain menggunakan dua kelas yaitu XI IPA 2 dan XI IPA 3 dengan subjek penelitian sebanyak 72 siswa. Hasil penelitian menunjukkan data hasil belajar kelas eksperimen dengan model pembelajaran PjBL dengan nilai rata-rata pretest 66,94 dan nilai rata-rata posttest 84,58, sedangkan data hasil belajar kelas yang menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan 5M nilai rata-rata pretest 43,88 dan nilai rata-rata posttest 71,25. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model PjBL berbantu Edpuzzle 0,50, sedangkan nilai rata-rata kelas yang menggunakan model Discovery Learning dengan pendekatan 5M 0,45. Maka dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbantu Edpuzzle berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem imun dengan taraf signifikasi 0,000 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Purwanto, Ngalim. 2004. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluai Pengajaran. Bandung : Rosdakarya.

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Aini, Amalia. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Memahami Materi Sistem Imun Penelitian Kualitatif di MAN 1 Kota Bandung. Skripsi.

Aisyah., Jaenudin, Riswan., & Koryati, Dewi. 2017. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMAN 15 Palembang. Jurnal Profit. Vol 4(1).

Herli, Venni., Astari, Tiara., Rosiyanti, Hastri., & Ramadhani, Adila. 2021. Efektivitas Penggunaan Edpuzzle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ.

Irfan. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Dalam Bahasa Bugis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Timur. Skripsi.

Jayawardana, HBA. 2017. Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital. Jurnal Bioedukatika. Vol 5(1), hal 12-17.

Mushtaq, I., & Khan, S.N. 2012. Factors Affecting Students Academic Perfomance. Global Journal of Management and Business Research. Vol 12(9), hal: 74-85.

Rufaida, s., & Sujiono, E.H. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA MAN 2 Model Makassar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 2(2), hal:161-168Oktaviana

Sari, Indah Permata. 2020. Pengembangan Soal Tes HOTS Pada Materi Pengukuran Untuk Siswa Kelas IV SD. Skripsi.

Utami, Firdaus Dyah., Djatmika, Ery Tri., & Sa’dijah, Cholis. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Pemahaman Konsep Ilmiah, dam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan. Vol 2(2), hal:1629-2638.

Utami, Nur Isniani., Sudirman., & Sukoriyanto. 2015. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Komposisi Fungsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 10(1), hal 1-13.

Wahyu, Rahma. 2016. Implementasi Model Project Based Learning (PjBL) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Teknoscienza. Vol 1(1); hal 50-62.