RESPON SISWA TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN THREE LEVEL INQUIRY PADA MATERI EKOSISTEM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk inovasi pembelajaran dari pentingnya salah satu keterampilan yakni penguasaan konsep pada pembelajaran biologi yang sangat dibutuhkan untuk memecahkan suatu masalah yang terjadi pada alam dan teknologi yang semakin kompleks dalam kehidupan modern. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis respon siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran three level inquiry pada materi ekosistem. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling dengan populasi penelitian siswa kelas X yaitu kelas X-E yang berjumlah 26 siswa, sampel yang digunakan adalah kelas X-E. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yakni lembar angket. Respon siswa terhadap proses pembelajaran model three level inquiry memberikan respon positif, diperoleh rata-rata persentase keseluruhan adalah 82%, rata-rata persentase pertemuan I 77%, pertemuan II 85% dan pertemuan III 85% dan rata-rata persentase aspek sintaks observasi 85%, manipulasi 85%, generalisasi 85%, verifikasi 82% dan aplikasi 76%. Respon siswa setelah pembelajaran menggunakan model three level inquiry menujukukkan interpretasi sangat baik terhadap proses pembelajaran pada materi ekosistem.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Ahmad, Fanny & Saeful Karim. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Demonstrasi Interaaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan. 19(1).
BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Hamdayana, Jumanta. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdani., Sitorus & Maria. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Siswaa Menggunakan Model Interactive Demonstration Materi Perubahan Wujud Zat di SMP. Jurnal Pendidikan. 6(3).
Ketpichainarong, W., Panijpan, B., & Ruenwongsa. (2010). Enhanced learning of biotechnology students by an inquiry-based cellulase Laboratory. International Journal of Environmental and Science Education. 5(2), 169-187.
Maharani, Y, B & Hardini, I, T, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Mitra Pendidikan. 1(5), 249-561.
Mawaddah., Hanna., Siti & Anisah. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generative (Generative Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 166-175.
Nasution. (2012). Didatik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nurinsani., E. A. Imansyah. (2018). Penerapan Levels of Inquiry untuk Mengidentifikasi Perkembangan Kemampuan Bereksperimen pada Materi Tekanan di SMP. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika. 3(1), 14-119.
Riduwan, B, M, A. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rustaman. (2015). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, Keterampilan, Sikap dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Bandung: Penelitian Jurusan Pendidikan Biologi.
Syaiful, S. (2011). Penerapan Strategi Pembelajaran Inquiry. Jurnal Nasional. 3(1), 49-59.
Skamp, K. (2017). Teaching primary science constructively (C. MacKenzie, Ed.). Victoria: Harcourt Australia Pty Lt.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumartini, Kurnia, S & Sthevany. (2020). Study of Quality Control of Tuna Lion Precooked Frozen Product Using The Likert Scale Method. Aurelia Journal, 2(1), 29-38.
Wenning, C. J. (2004). Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3), 175-176
Wenning, C. J. (2005) . Levels of Inquiry: Hierarchies of Pedagogical Practices and Inquiry Processes. Journal of Physics Teacher Education Online, 2(3), 3-11.
Wenning, C. J. (2011). The levels of inquiry model of science teaching. Journal of Physics Teacher Education Online. 6(2), 9-16.
Wenning, C. J. (2010). The levels of inquiry model of science teaching. Journal of Physics Teacher Education Online. 7(3), 20-26.