PROFIL PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Proses pembelajaran abad 21 dapat terlaksana dengan baik melalui kurikulum yang mengimplementasikan model pembelajaran untuk menunjang kegiatan pembelajaran zaman sekarang, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek terintegrasi STEM berbantu media padlet. Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil keterlaksanaan model pembelajaran project based learning (PjBL) terintegrasi STEM pada materi sistem reproduksi manusia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan lembar observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan untuk guru dan siswa termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase siswa sebesar 89.5%. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan secara keseluruhan diperoleh informasi bahwa penerapan model project based learning (PjBL) terintegrasi STEM pembelajaran abad 21 terlaksana dengan baik dan alternatif untuk proses pembelajaran.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal BIOSFER Basicedu, 6(1), 1046–1054.
Anggriani, F., Wijayati, N., Susatyo, E. B., & Kharomah, D. 2019. Pengaruh Project-Based Learning Produk Kimia Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. In Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (Vol. 13, Issue 2).
Anwar H & Rosa E.M. (2019). Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi dengan Interprofessional Education (IPE): Iterature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah.
Apsari, Y., Lisdawati, I. & Mulyani, E. R. (2019). The Implementations of project based learningincoursebook evaluation classromm. Jurnal imiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 6(2):187–195.
Astuti, I. D., Toto, dan L. Yulisma. 2019. Model Project Based Learning (PjBL) Terintegrasi STEM untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Biologi. 2(11): 97.
Brand, B. R. (2020). Integrating Science And Engineering Practices: Outcomes From A Collaborative Professional Development. International Journal of STEM Education, 7(1), 1-13.
Ceylan, S. & Ozdilek, Z. (2015). Improving a Sample Lesson Plan for Secondary Science Courseswithin the STEM Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 177, 223–228.
Elhassan, I. B. M. (2012). Multidiciplinary Curriculum to teaching English Language in SudaneseInstutions A Case Study. Journal Theory and Practice and Language Studies, 2(2), 402–406.
Fauzi, N. (2020). DAMPAK ERA GLOBALISASI DI PENDIDIKAN (PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK). Jurnal Pendidikan Dasar, 13.
Hero, L. M. & Lindfors, E. (2019). Students Learning Ecperinece in a Multidiciplinary Innovation Project. Jounral Education, 61(4), 500–522.
Jumrodah, J., Liliasari, S., Adisendjaja, Y. H., & Sanjaya, Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis pada Konsep Biota Laut menuju Pembangunan Berkelanjutan melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. 6, 11.
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72.
Lutfi, L., Azis, A. A., & Ismail, I. 2018. Pengaruh project based learning terintegrasi stem terhadap literasi sains, kreativitas dan hasil belajar peserta didik. In Seminar Nasional Biologi.
Mayasari, T., Kadorahman, A., & Rusdiana, D. (2014). Pengaruh pembelajaran terintegrasi science, technology, engineering, and mathemathics (STEM) pada hasil belajar peserta didik: Studi meta analisis, Prosiding Semnas Pensa VI “Peran Literasi Sains” (p.371-377). Surabaya: UNESA
National Education Association. (2012). Preparing 21st Century Students for a Global Society Great Public Schools for Every Student: An Educator’s Guide to the Four C’s. Preparing 21st Century Students for a Global Society, 1–38.
Siswono, T. Hartono, S. & Kohar, A. W. (2018). Effectiveness of Project Based Learning in Statisticsfor lower Secondary Schools. Eurasian Journal of Educational Research, 7(5), 197–210.
Sumarni, W. Wardani, S. & Gupitasari, D. N. (2016). Project Based Learning to ImprovePsychomotoric Skills : A Classroom Action Research. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 157–163.
Trisdiono, H., Siswandari, S. & Suryani, N. (2019). Development of Multidisiplin Integrated Project- Based Learning Model To Improve Critical Thinking and Cooperation Skills. Journal JPI, 8(1), 9–20.