PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA PRAKTIKUM NATA DE WHEY KEFIR DENGAN MENERAPKAN LEMBAR KERJA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Lembar kerja dapat digunakan sebagai solusi dalam keberhasilan proses pembelajaran terutama dalam praktikum. Lembar kerja yang digunakan berbasis inkuiri terbimbing karena mampu membelajarkan mahasiswa berpikir secara analitis dan mampu memecahkan masalah berdasarkan data penelitian yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada pembuatan nata de whey kefir menggunakan lembar kerja berbasis inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan desain penelitian one-group pretest-posttets design. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa semester VI Program Studi Pendidikan Biologi. Sampel penelitian menggunakan satu kelas yaitu kelas VI E berjumlah 21 mahasiswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian terdiri dari observasi dan soal uraian. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh rata-rata N-gain dari setiap indikator keterampilan berpikir kreatif sebesar 0,461 termasuk pada kriteria “sedang”. Data uji hipotesis dengan menggunakan Uji T-paired diperoleh nilai signifikansi 0,000 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dengan menerapkan lembar kerja nata de whey kefir berbasis inkuiri terbimbing.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Amir, M. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF).
Antika, R. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning pada Mata Kuliah Seminar Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 3(1), 72-79.
Asnaini, A. (2017). Pengembangan LKPD berbasis pendekatan scientific untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik pada materi larutan penyangga. Lantanida Journal, 4(1), 60-71.
Bellaswara. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantu Aplikasi Google Meet Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan. Masters Thesis. UIN Sunan Gunung Djati.
Djalal, F. (2017). Optimalisasi pembelajaran melalui pendekatan, strategi, dan model pembelajaran. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pendidikan, 2(1).
Febrisiantosa. (2013). Karakteristik Fisik, Kimia, Mikrobiologi Whey Kefir dan Aktivitasnya Terhadap Penghambatan Angiostin Converting Enzyme (ACE)[Physical, Chemical and Microbiological Characteristics of Whey Kefir and Its Angiotensin Converting Enzyme (ACE) Inhibitory Act. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan, 147.
Heni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Sikap Ilmiah Peserta Didk Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma Negeri 03 Tulang Bawang Tengah . (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Jamil, M., G.H, S., & Darussyamsu, R. (2021). Meta Analisis Perbandingan Efektifitas Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Mata Pelajaran Biologi Menggunakan Model Problem based Learning Dan Discovery Learning. Prosiding Seminar Nasional Biologi (Vol. 1, No 1).
Julianto, B. (2016). Karakteristik Kimiawi dan Mikrobiologi Kefir Susu Sapi dengan Penambahan Susu Kedelai. Jurnal Faperta Vol.3 No. 1.
Kaharuddin, & Nining. (2020). Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Gowa: Penerbit Pustaka Almaida.
Kurniati, F., Soetjipto, S., & Indana, S. (2018). Membangun keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3(1), 15-20.
Kurniati, T., & Listiawati, M. (2016). Total Asam laktat, protein, lemak, karbohidrat dan serat whey kefir susu sapi berdasarkan starter dan waktu fermentasi. Proceeding Semnas Biotek.
Mahfud, M. (2017). Berpikir dalam belajar; membentuk karakter kreatif peserta didik. Al-Tarbawi Al-Haditsah. Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Ni'mah, S. (2016). Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. . Jurnal Lentera Kependidikan Ilmiah, 70-79.
Ningsih, H. (2021). Pengantar Bioteknologi. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Nurcahyo, H. (2011). Diktat Bioteknologi. Yogyakarta: Deepublish.
Pramashinta, Alice, Riska, Listiyana, & Hadiyanto. (2014). Bioteknologi Pangan: Sejarah, Manfaat dan Potensi Risiko. Review. Semarang: UNDIP.
Qomariyah, D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kreatif. Pensa: e-jurnal pendidikan sains, 9(2), 242-246., 249-246.
Rose, D., Puji, A., & Idiawati, N. (2018). Karakteristik Nata de jackfruit (Artocarpus heterophyllus) dengan variasi konsentarsi starter Acetobacter xylinum. Jurnal Kimia Khatulistiwa, 7(4).
Santoso, B., & Wulandari, F. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Journal of Banua Science Education, 1-6.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. Bio Education, 2(2), 279492.
Wahida, F., Rahman, N., & Gonggo, S. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 1-8.
Yamin, M. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT.Revika Aditama.
Yudhanegara, M. (2015). Implementasi Model Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Mahasiswa Mata Kuliah Persamaan Deferensial. Jurnal Pendidikan Uniska 3(2), 209-217.
Zakiah, I. (2017). Mendorong Berpikir Kreatif Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Kajian Teks Kurikulum Kimia SMA. Lantanida Journal, 2(2), 137-155.
Zubaidah. (2017). Creative thinking of low academic student undergoing search solve create and share learning integrated with metacognitive strategy. . International Journal of Instruction, 10(2), 245-262.