Analisis Hasil Belajar Peserta didik Kelas X Pada Materi Fungsi Kuadrat Ditinjau Melalui Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom

Isi Artikel Utama

Deslie Salza Dwikurnia
Cucu Komala
Hamdan Sugilar

Abstrak

Penelitian ini mengelompokkan dan menjelaskan analisis hasil belajar peserta didik kelas X salah satu SMK di Kabupaten Bandung tahun ajaran 2022/2023, dengan ditinjau melalui ranah kognitif revisi taksonomi bloom. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK dengan dua klasifikasi, yaitu peserta didik dengan kemampuan rendah dan peserta didik dengan kemampuan tinggi. Instrumen penelitian kali ini adalah soal ulangan harian dan hasil belajar peserta didik pada materi fungsi kuadrat. Berdasarkan hasil pebelitian diperoleh klasifikasi soal ulangan harian kelas X ACP pada materi fungsi kuadrat ditinjau melalui ranah kognitif revisi taksonomi bloom sudah mengkaji soal dengan indikator-indikator dalam ranah kognitif taksonomi bloom, yaitu lengkap mulai dari C1 sampai C6, dengan persentase sebagai berikut: C1 (18,75%), C2 (18,75%), C3 (25%), C4 (18,75), C5 (6,25%), dan C6 (12,5%).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Anderson dan Kartwohl. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen (Cetakan ke-1). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Djamaluddin Ahdar dan Wardana. 2019. Belajar dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: Kaaffah Learning Center.

Hapsari Yohana A., dkk. 2021. Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas X Berdasarkan Taksonomi Bloom. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 9(2), 287-298.

Kariadinata, R., Juariah, J., Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan komunikasi dan pengelolaan kelas calon guru matematika. Jurnal Analisa, 5(1), 68-83.

Oktaviana D. dan Prihatin I. 2018. Analisis Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Perbandingan Berdasarkan Ranah Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 81-88.

Purnomo D. J., dkk. 2015. Tingkat Berpikir Kreatif Pada Geometri Peserta didik Kelas VII Ditinjau dari Gaya Kognitif Dalam Setting Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2)

Rahmah, N., Lestari, A., Musa, L. A. D., & Sugilar, H. (2019, July). Quizizz online digital system assessment tools. In 2019 IEEE 5th International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) (pp. 1-4). IEEE.

Sobarningsih, N., Sugilar, H., & Nurdiansyah, R. (2019). Analisis implementasi standar proses pembelajaran guru matematika. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 67-84.

Susilawati, W., & Sugilar, H. (2021). Technological pedagogical vontent knowledge analysis. Numerical Sinta 3. Technological Pedagogical Content KnowledgeAnalysis, 5(1), 216-224.