PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS XI MELALUI PBL DISERTAI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Isi Artikel Utama

Dwi Rani Prihandini
Aulya Nanda Prafitasari
Bambang Supriyadi

Abstrak

. Aktivitas belajar siswa XI MIPA masih tergolong rendah dikarenakan minimnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Sehingga diperlukan suatu strategi yang tepat untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini dilakukan sebagai tindakan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model problem based learning disertai pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, evaluasi serta refleksi. Data penelitian dikumpulkan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan membandingkan hasil observasi pada setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa dari pra siklus sebesar 61,88% meningkat menjadi 71,00% ada siklus 1 dan meningkat lagi sebesar 79,75% pada siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning disertai pembelajaran berdiferensiasi memberikan konstribusi positif terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa di kelas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Agustin, V. N. (2013). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education 2(1).

Angraeni, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Mujahadah An-Nafsh Di SMKN 11 Luwu. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI): 3(1).

Arikunto, S. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bupu, M. M. N., Tupen, S. N., & Mei, M. F. (2023). Penerapan Model Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Materi SPLDV. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1): 9-20.

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Biologi Melalui Model Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning 1(1): 53-62.

Dewi, L. V., Ahied, M., Rosidi, I., & Munawaroh, F. (2019). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Metode Scaffolding. Jurnal Pendidikan matematika dan IPA 10(2): 299-313.

Dwikoranto, D., Setiani, R., & Widiasih, W. (2021). The effect of pjbl online platform on student collaboration skills and basic science process skills during the Covid-19 Pandemic. In Journal of Physics: Conference Series 2110 (1).

Efrianti, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs An Nuur Trisono Tahun Pelajaran 2015/2016. Disertasi. Ponorogo: Universitas Muhammdiyah Ponorogo.

Fariana, M. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning untuk meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 1(1): 25-33.

Hajrah, H., Nasir, M., & Olahairullah, O. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Soromadi. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan) 5(4).

Hikmalia, I., Sukamto., Murniati. (2022). Penerapan Model PBL Berbantuan Meda Flash Card Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup pada Peserta Didik Kelas III SD Negeri 02 Pati. International Journal of Elementary School 2 (2).

Kristin, F., & Rahayu, D. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 84-92.

Mulbar, U., Bernard, B., & Pesona, R. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Pembelajaran Diferensiasi pada Peserta Didik Kelas VIII. Issues in Mathematics Education (IMED) 1(1): 1-6.

Muslimin, M., Hirza, B., Nery, R. S., Yuliani, R. E., Heru, H., Supriadi, A., ... & Khairani, N. (2022). Peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi dalam mewujudkan merdeka belajar. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA 8(2), 22-32.

Nawati, A., Yulia, Y., & Khosiyono, B. H. C. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1), 6167-6180.

Pradana, D. B. P. (2017). Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 2(01).

Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of student's critical thinking ability in physics materials through the application of problem-based learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3(5): 534-545.

Sari, I.P., Suwandi, I.K., and Setyowati, S. (2018). Pengaruh Metode Storytelling Terhadap Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas III SD Pujokusuman Yogyakarta. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 2 (2): 231–238.

Shafira, I., Rahayu, F. F., Rahman, F. R., Mawarni, J., & Fitriani, D. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Berdiferensiasi berdasarkan Gaya Belajar Peserta didik pada Pelajaran Biologi Materi Ekosistem Kelas X SMA. Journal on Education 6(1): 48-53.

Siregar, W. D., & Simatupang, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal Of Innovation in Chemistry Education) 2(2): 91-96.

Supiandi, M. I., & Julung, H. (2016). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains 4(2): 60-64.

Tilamsari, B. Y., Komarayanti, S., & Purwaningsih, S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Melalui Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas X. 3 SMAN rambipuji. ScienceEdu 6(1): 48-54.

Trimantara, H., & Wibowo, R. (2015). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Kelompok Kecil Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar 2(2): 225–239.

Wahyuni, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA 12(2): 118-126.