Penerapan Metode Quality Function Deployment (QFD) pada Peningkatan Kualitas Produk Permen Susu Karamel
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kebutuhan dan permintaan konsumen dapat menjadi dasar dari inovasi sebuah produk atau jasa. Salah satu produk yang perlu terus dikembangkan di antaranya ialah produk olahan susu segar seperti permen susu karamel. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan ialah Quality Function Deployment (QFD). Permen susu karamel menjadi salah satu produk unggulan hasil olahan susu segar peternak Ciwidey. Permintaan konsumen diidentifikasi melalui kuesioner yang berkaitan dengan penilaian produk, selanjutnya dibuat matriks tingkat kepuasan konsumen dan matriks House of Quality (HoQ) untuk mengetahui kepentingan teknik yang dibutuhkan dari produk. HoQ digunakan untuk menyusun rencana strategi dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen dan apa yang mampu diberikan oleh unit usaha. Hasil penelitian dengan pendekatan HoQ menunjukkan bahwa tiga atribut kebutuhan konsumen dengan bobot rasio perbaikan tinggi ialah ialah tekstur permen yang kenyal dan lembut (12,75); rasa susu segar yang kuat (11,50); nama merek produk yang mudah diingat (10,27). Sementara prioritas parameter teknik yang dapat menjadi referensi pelaku usaha untuk meningkatkan kualitas produk ialah 1). Proses pemasakan (selama produksi); 2). Perhitungan HPP produk; 3). Proses pencampuran bahan baku dan bahan tambahan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Anggraeni, M., Desrianty, A., & Yuniar, Y. (2013). Rancangan Meja Dapur Multifungsi Menggunakan Quality Function Deployment (QFD). Reka Integra, Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 1(2), 159–169. https://ejurnal.itenas.ac.id/index.php/rekaintegra/article/view/231
Fathurohman, F., & Safitri, L. S. (2022). Pemasaran dan Perilaku Konsumen. POLSUB PRESS.
Fathurohman, F., & Safitri, L. S. (2023). Kewirausahaan Bidang Pertanian (Issue February). POLSUB PRESS. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/F7RK5
Fonseca, L., Fernandes, J., & Delgado, C. (2020). QFD as a tool to improve negotiation process, product quality, and market success, in an automotive industry battery components supplier. Procedia Manufacturing, 51(2019), 1403–1409. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.10.195
Gumintang, B., & Akbar, M. I. (2023). Penerapan House of Quality dalam Upaya Peningkatan Kualitas Kue Bakpia dari Bakpiapia-Djogdja. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akutansi (JEBA), 25(1), 1–9.
Nugrawidi, S. A., & Rusfian, E. Z. (2013). Pengaruh Dimensi-dimensi Customer Engagement terhadap Customer Relationship (Studi Pada Program “Love Your Body” The Body Shop). Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia [Skripsi].
Oddershede, A. M., Quezada, L. E., Valenzuela, J. E., Palominos, P. I., & Lopez-Ospina, H. (2019). Formulation of A Manufacturing Strategy Using The House of Quality. Procedia Manufacturing, 39(2019), 843–850. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.01.417
Sutoni, A., & Ramadian, P. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen dan Pengembangan Produk Menggunakan Metode Kano dan House Of Quality. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 21–30. https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/ID016.pdf
Syreyshchikova, N. V., Pimenov, D. Y., Yaroslavova, E. N., Gupta, M. K., Sharma, S., & Giasin, K. (2021). Product quality planning in laser metal processing based on open innovation using quality function deployment. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 7(4). https://doi.org/10.3390/joitmc7040240
Wiranti, M. W., & Nugraha, H. S. (2017). Analisis Strategi Customer Engagement Terhadap Loyalitas pada PT. Nasmoco Magelang. Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro.