KEMITRAAN MULTISTAKEHOLDER UNTUK MENYIAPKAN PENGENDALI ORGANISME PENGGANGGU TUMBUHAN GARDA TERDEPAN PERLINDUNGAN TUMBUHAN INDONESIA

Isi Artikel Utama

Okke Rosmaladewi
Erry Mustariani

Abstrak

Kemitraan Multistakeholder dalam Implementasi MBKM  untuk menghasilkan SDM pertanian yang kompeten di bidang pengendali organisme pengganggu tumbuhan.  Tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dalam bidang teknologi pertanian, teknologi pengendali OPT secara terpadu, ketrampilan mengembangkan model agribisnis  Manajemen Agribisnis, serta  softskill.  Selain itu untuk meningkatkan link and match dengan lembaga mitra.  Metode Penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE. Analysis lingkungan Internal dan lingkungan eksternal, Design model MBKM bersama lembaga mitra. Development model MBKM di Lembaga mitra, Implementasi model MBKM dan Evaluasi bersama Lembaga mitra untuk perbaikan pelaksanaan MBKM.  Implementasi Model MBKM ini merupakan rekayasa di bidang pendidikan tinggi pertanian untuk menghasilkan SDM Pertanian yang kompeten dan berdaya saing sesuai dengan kebutuhan stakeholder. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Okke Rosmaladewi, Universitas Islam Nusantara

Administrasi Pendidikan Sekolah Pasca Sarjana

Erry Mustariani, Universitas Islam Nusantara

Agroteknologi Fakultas Pertanian

Referensi

Dick, W., & Carey, L. 1996. The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers

Fuadi, T. M., & Aswita, D. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm): Bagaimana Penerapan Dan Kedala Yang Dihadapi Oleh Perguruan Tinggi Swasta Di Aceh. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 603–614. Retrieved from http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi

Goodman, Brandon and Stivers, J. 2010. Project-Based Learning . Educational Psychology. ESPY 505.

Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School Computer Technologies. Journal Vol. 5.

Indonesia. ( 2020) Peraturan Menteri Kebudayaan tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pertanian RI no 68/Permentan/OT.140/5/2014: tentang Peta Fungsi Standarisasi Kompetansi Sumber Daya Manusia Pertanian. Jakarta: Kementerian Pertanian.

Indonesia. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi 2019: tentang Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Dirjen Belmawa Kemenristek-Dikti.

Indonesia. Indikator Pertanian 2021. Badan Pusat Statistik 2021.

Okke Rosmaladewi 2021. Project Based Learning Model in Control of Plant Diseases Field School ( CPDFS) as an Implementation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Novateur Publication, India Community Service in the Midst of the Covid-19

Okke Rosmaladewi, 2019. Agrotechnology Study Program Revitalization Through Integrated Pest Management Farmer Field School onIndonesian National Qualification Framework-Based for Quality Improvement. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 397 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019)

Okke Rosmaladewi, 2019. Model Sekolah Lapang Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan Berbasis KKNI untuk Peningkatan Mutu Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian. Gorontalo. Ideas Publishing

Rochana, R. Darajatun, R. M. & Ramdhany, M.A. (2021). Pengaruh Implementasi Kebijakan Kampus Merdeka Terhadap Minat Dan Keterlibatan Mahasiswa. Journal Of Business Management Education 6(3) 11-21. Https://Doi.Org/10.17509/Jbme.V6i3.40165