Perbandingan Kinerja Usaha Produk Beras Organik dengan Sistem Pemasaran Online dan Konvensional
Isi Artikel Utama
Abstrak
Beras merupakan bahan pangan utama bagi masyarakat Indonesia. Saat ini, kesadaran konsumen terhadap kesehatan turut meningkatkan konsumsi beras organik, khususnya di Jawa Barat sebagai daerah dengan tingkat konsumsi beras organik tertinggi kedua di Indonesia. Salah satu produsen beras organik di Jawa Barat adalah CV. Agrospora dengan merek Beras Organik Pringkasap yang terletak di Kabupaten Subang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kinerja usaha produk Beras Organik Pringkasap dengan sistem pemasaran online dan konvensional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juli 2022 di CV. Agrospora. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pemilik, bidang pembukuan, bidang produksi, dan jasa pengiriman. Adapun data kinerja usaha (volume penjualan, omzet, dan keuntungan) yang digunakan adalah selama 6 bulan (Januari – Juni 2022). Analisis data dilakukan dengan uji beda sampel bebas (independent sampel t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kinerja usaha, yaitu volume penjualan, omzet, dan keuntungan pada sistem pemasaran online dan konvensional. Sistem pemasaran online dapat menghasilkan kinerja usaha yang lebih baik dari sistem pemasaran konvensional berdasarkan volume penjualan, omzet, dan keuntungan.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Agustian, F. M. (2022). Pemanfaatan Market Place Grabfood & Gofood Dalam Peningkatan Penjualan Pada Umkm Food and Beverages Mao-Mao Cirebon. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 24(3).
AOI. (2019). Statistik Pertanian Organik Indonesia. Bogor: Aliansi Organis Indonesia.
Arman, A., & Umasugi, S. J. (2023). Afeksi Kualitas Produk Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Online Beras Lokal Oleh UD Khoirun Di Dusun Rawamangun Kabupaten Buru. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(2). https://doi.org/10.35326/pencerah.v9i2.3273
Baehaqi, M. A., Udayana, I. B. N., & Welsa, H. (2022). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk terhadap Customer Satisfaction dan Keputusan Pembelian Konsumen. Widya Manajemen, 4(1). https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v4i1.1878
Bernik, M., & Ramadhan, M. B. (2018). Pelaksanaan Bauran Promosi pada Produk Beras untuk Meningkatkan Omzet Penjualan (Studi Pada PT. Nazar Bahana Persada). Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan | Journal of Theory and Applied Management, 11(3), 217–230. https://doi.org/10.20473/jmtt.v11i3.9962
Dewi, K. M. (2018). Pengaruh Volume Penjualan Kamar Dan Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada Hotel Grand Wijaya Singaraja Tahun 2014-2016. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(2), 626–635. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i2.20144
Faviana, E., & Lestari, D. A. H. (2021). Keragaan Agroindustri Bacang Ayam El Shaddai Food Melalui Pemasaran Konvensional Dan Online Di Kecamatan Penjaringan, Kota Jakarta Utara. Jurnal Ilmu-Ilmu Agribisnis, 9(3). https://doi.org/10.23960/jiia.v9i3.5327
Indrasmitha, G., Yuswono, I., & Rahmadhani, S. (2022). PENGARUH METODE Marketing Online Dan Offline Terhadap Peningkatan Omset Umkm Pada Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 13(1). https://doi.org/10.36694/jimat.v13i1.403
J, fahmi nur, Pitriani, N., Haryanti, P., C, rifkiana nur, Andriansyah, T., & Supripto. (2020). Pengaruh pendapatan usaha, biaya operasional, dan volume penjualan terhadap laba bersih. Prosiding Webinar Nasional, 1(1).
Khairad, F. (2020). Sektor Pertanian di Tengah Pandemi COVID-19 ditinjau Dari Aspek Agribisnis. Jurnal Agriuma. 2(2), 82–89.
Mulyati, S., Kusnandar, H. F., & Sulaeman, M. (2020). Determinant of Selection of Offline Marketing Model of Agricultural Products in Banjar Agropolitan City. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(3). https://doi.org/10.33258/birci.v3i3.1244
Nursyirwan, V. I., Ardaninggar, S. S., Septiningrum, L. D., Gustiasari, D. R., & Hasan, J. M. (2020). Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v3i2.5077
Pusat Data Sistem Informasi Pertanian. (2013). Buletin Konsumsi Pangan (Vol. 4).
Rizal, R., Hidayat, R., & Handika, I. (2017). Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Omzet Penjualan Pada Pt. Gaudi Dwi Laras Cabang Palembang. Jurnal Adminika, 3(2).
Safitri, L. S., Romalasari, A., & Suciati, F. (2022). Sikap Konsumen dalam Pembelian Online Produk Segar Sebelum dan Selama Pandemi Covid-19. Buletin Poltanesa, 23(1). https://doi.org/10.51967/tanesa.v23i1.1172
Safitri, L. S., Suharno, S., & Jahroh, S. (2019). Kinerja Perempuan Wirausaha “Gurem” Penerima Kredit. Sosiohumaniora, 21(2). https://doi.org/10.24198/sosiohumaniora.v21i2.11408
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Alfabeta.
Surdianto, Y. dan, & Sutrisna, N. (2015). Petunjuk Teknis Budidaya Padi Organik. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents (Vol. 3, Issue April).
Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1). https://doi.org/10.31603/ce.4244
Zulfikar, F., & Supriyoso, P. (2019). Efektivitas Penjualan Online Melalui Media Sosial Pada Perusahaan Cv Billionaire Sinergi Korpora (Billionaire Store). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 2. https://doi.org/10.55916/frima.v0i2.119