Permasalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dalam Mengerjakan Soal PISA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan artikel ini untuk dapat mengetahui permasalahan siswa dalam memecahkan masalah dalam mengerjakan soal PISA. Subjek penelitian merupakan siswa MTsN di salah satu sekolah di Kabupaten Sukabumi kelas 8A dalam penyelesaikan soal test PISA. Pengumpulan data tersebut yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini dengan berupa test soal sebanyak empat butir. Hasil analisis data yang akan disajikan berupa letak kesalahan siswa dalam mengerjakan soal PISA, jenis kesalahan, dan factor penyebab kesalahan siswa dalam pengerjakan soal PISA. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini bahwa siswa di salah satu sekolah MTsN di Kabupaten Sukabumi ini masih memiliki kemampuan matematis yang rendah. Terlihat setelah diberikannya soal PISA menenai perbandingan dan perkalian pecahan, masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam pengerjakan soal dan mengaplikasikan rumusnya
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Habibah, Astrid Faidlatul. (2023). Kemendikbud: Skor PISA 2022 tak cerminkan kualitas pendidikan RI kini. [online] diakases pada 16 Desember 2023. https://www.antaranews.com/berita/3860691/kemendikbud-skor-pisa-2022-tak-cerminkan-kualitas-pendidikan-ri-kini
Hijriani, L. (2013). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, c, 603–607.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Ristek. (2023) PISA 2022 dan Pemulihan Pembelajaran Di Indonesia. https://balaibahasariau.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/LAPORAN-PISA-KEMENDIKBUDRISTEK.pdf [online] diakses pada tanggal 16 Desember 2023
Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
OECD. (2016). PISA 2015: Result in Focus. OECD.