Penerapan Strategi Multiple Representation Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan design Nonequivalent control grup design. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi, soal pre-test post-test, dan angket respon siswa. Lokasi penelitian SMPN 8 Kota Bandung dengan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol yang mana pemilihan sampel ini dengan teknik Simple Random Sampling. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah strategi Multiple Representation. Penelitian ini melakukan studi pendahuluan terlebih dahulu untuk menguatkan latar belakang masalah dengan memberikan soal sebanyak indikator kemampuan pemahaman matematis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterlaksanaan pembelajaran, peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa, dan respon siswa terhadap strategi Multiple Representation. Hasil penelitian ini yaitu; (i) Keterlaksanaan proses pembelajaran guru dan siswa berada pada kategori baik sekali; (ii) Kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh pembelajaran strategi Multiple Representation termasuk dalam kategori kurang dan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional termasuk dalam kategori sangat kurang; (iii) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan pembelajaran strategi Multiple Representation lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional; (iv) Siswa kebanyakan merespon positif terhadap pembelajaran matematika strategi Multiple Representation
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.