Pendidikan Mengakar : Solusi Pendidikan Era Society Sesuai Al-Quran

Isi Artikel Utama

Fina Ariatpi
Lenny Marlin

Abstrak

Pendidikan selalu mendorong setiap orang berinovasi dan melahirkan kreativitas. Maka pondasi pendidikan yang seharusnya dibangun adalah pendidikan yang berakar kuat dan berbuah kebaikan bagi anak serta lingkungan sekitarnya secara terukur dan terstruktur. Pendidikan era society memaksa individu untuk melakukan percepatan dalam mencerna informasi yang diterima, berfikir kritis, memecahkan masalah dengan melakukan adaptasi dan inovasi, tanpa melanggar norma-norma yang sudah disepakati. Pendidikan adalah salah satu cara untuk mengantisipasi masa depan, namun selalu ada kurikulum Allah di setiap perjalanan hidup manusia. Maka kembali pada Al-quran menjadi suatu kemutlakan dalam menghadapi persoalan dalam pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pustaka, dalam teknik pengumpulan data penulis akan mengeksplorasi data sesuai dengan pembahasan mengenai tantangan pendidikan islam dalam menghadapi society 5.0. Hasil penelitian: 1). Pendidikan islam harus memiliki value dalam setiap aktivitas yang dilandasi dengan proses berfikir kritis dan pemecahan masalah 2) Pendidikan harus melahirkan kreativitas dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan era society 3) harus tersedia sumber daya yang memadai, mampu memantik dan menstimulasi potensi siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Cindriani, Wulan. Aep Saepudin. Ikin Asikin. Implikasi dari Al-Quran Surat Ibrahim Ayat 24 -26 Tentang Metode Perumpamaan Terhadap Pembelajaran Aqidah. Prosiding Pendidikan Agama Islam. ISSN : 2460-6413

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka, 2008.

Fuady, Rifa Hazim Rustam. Pendidikan Islam, Tasawuf, dan Tantangan Era Society 5.0. Bestari. Vol. 18, No. 2, 2021. DOI: https://doi.org/10.36667/bestari.v18i2.943

Hayat School. Being A Global Citizen Based On Tauhidullah. Bandung. 2021

Hermawati, Kiki Ayu. Pendidikan Islam Era Transformasi Sosial Society 5.0 : Studi Analisa Terhadap hadist Nabi. Jurnal Al-Tarbawi Al-Haditsah : Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 8 No 1 Juni 2023.

Hidayat, Syarif. Al-Quran dan Tantangan Society 5.0. Jurnal Saliha Vol.3 No. 2 2020

http://www.ibnukatsironline.com/2015/06/tafsir-surat-ibrahim-ayat-24-26.html

https://pecihitam.org/surah-ibrahim-ayat-24-26-terjemahan-dan-tafsir-al-quran/

https://www.wipo.int/portal/en/index.html

Putra, Pristian Hadi. Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0. Jurnal Islamika Vol.19 No. 02 Desember 2019.

Qolbi, Satria Qharimul. Memahami Pendidikan Islam Berdasarkan Tafsir Ayat-Ayat Ilmu Pengetahuan Dalam Al-Quran. Jurnal El-Tarbawi Vol.13 No.2 2020

Rusfi, Adriano. Kuliah Imanic-Spiritual Education Psychology (Inspire Pscychology). Bandung : The Aqil Baligh Institute. 2022

Skills For The Future. https://www.unicef.org/indonesia/media/6231/file/Ringkasan%20keterampilan%20untuk%20masa%20depan.pdf