INOVASI PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MELALUI PENGGUNAAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kurikulum merdeka merupakan inovasi pendidikan yang diperkenalkan pemerintah pada tahun 2020 sebagai respon terhadap pandemic covid-19 yang menyebabkan proses pembelajaran tidak dapat dilaksanakan secara langsung dan diganti dengan system online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui inovasi pengembangan kompetensi guru terbaru dengan system online, dimana seorang guru dapat mengakses bentuk pengembangan kompetensinya melalui pelatihan dalam bentuk aplikasi platform merdeka mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi Pustaka yaitu dengan mengumpulkan data melalui penelitian-penelitian sebelumnya dan referensi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti kemudian dideskripsikan. Penelitian ini menunjukkan bahwa platform merdeka mengajar mampu memberikan tambahan kompetensi guru dalam implementasi kurikulum merdeka dengan menggunakan fitur pelatihan dan melalui fitur hasil karya guru lain yang dapat mudah diakses untuk dikembangkan
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
alfath, A., Azizah, F., & Setiabudi, D. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka. SOSHUMDIK, 1, 42-50.
Aulia, D., Murni, I., & Desyandri. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8, 800-807. doi:https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1310
Ketaren, Rahman, Tarigan, & Simanjuntak. (2022). Monitoring dan Evaluasi Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4, 10340-10343. Retrieved from https://guru.kemdikbud.go.id/
Lena, M. S., Nisa, S., Putri, O., & Husna, R. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 3, 177-185. doi:10.55606/lencana.v1i3.1816
Marisana, D., Iskandar, & Kurinawan. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 1, 139-150. doi:10.31004/basicedu.v7i1.4363
Novelti, Haetami, A., Hamsiah, A., Lasino, Hayati, N., & Pratiwi, E. Y. (2023). Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, X, 174-179. Retrieved from https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jpkm
Nugraha, B., & Frinaldi. (2023). Inovasi yang ditawarkan Kurikulum Merdeka Belajar dan Bagaimana Implementasinya. Jurnal Menara Ilmu, XVII.
Priatna, T. (2020). Prosedur Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Insan Mandiri.
Setiariny. (2023). PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 1, 23-33. doi:10.54124/jlmp.v20i1.81
Setiawan, & Syaifudin. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 148. doi:10.24114/jpkm.v26i3.16377
Siregar, Anggara, Faraiddin, Syafridah, Amiruddin, & Faridah. (2023). Pelatihan Mandiri Kurikulum Merdeka Belajar dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar di Satuan Pendidikan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 4, 1-4. doi:h10.30596/jppp.v4i1.13392
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.
Virgiyanti, Dewi, & Zuliani. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melalui in House Training (IHT) di SDIT Darul Ulum. ANWARUL, 4, 751-766. doi:10.58578/anwarul.v3i4.1335