IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SEKOLAH TERBUKA DI SMP TERBUKA 1 PANGATIKAN KABUPATEN GARUT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kebijakan sekolah terbuka di SMP Terbuka 1 Pangatikan Kabupaten Garut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subyek Kepala Sekolah, Wali Kelas dan Guru, dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik masalah belum semua masyarakat memperoleh pendidikan dasar 9 tahun, banyak anak yang putus sekolah karena ekonomi orang tua yang rendah, di sisi lain mereka mempunyai keterbatasan waktu sehingga tidak dapat sekolah; 2) pengaruh lingkungan kebijakan seperti fasilitas yang diberikan perangkat desa, lingkungan yang kondusif, strategi dan adanya sekolah reguler; 3) Proses pembelajaran terlihat pasif. Saat proses pembelajaran berlangsung siswa sering membuat suasana kelas tidak kondusif. Strategi dan metode pembelajaran yang digunakan menggunakan metode ceramah, banyak memberikan tugas dan praktik; 4) Hasil belajar yang diperoleh berupa prestasi secara akademik maupun non akademik.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Ahmar DAP. (2012). Hakekat Pembelajaran. Di akses pada tanggal 29 Desember 2022 dari eprints.uny.ac.id.
Arif Rohman. (2012). Kebijakan Pendidikan: Analisis Dinamika Formulasi dan Implementasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Anwar, K dan Harmi, H. (2011). Perencanaan Sistem Pembelajatan. Bandung: Alfabeta.
Dirto Hadisusanto. dkk. (1995). Pengantar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: IKIP
Djunaidi Ghony M & Fauzan Almanshur. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Hasbullah. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Imam Gunawan. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Ibrahim & Nana Syaodih. (2003). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Kurniatul Hidayah. (2016). Tribun jogja: Tiap Tahun, 12 Ribu Anak di DIY Rawan Putus Sekolah. Yogyakarta: Tribun Jogja.
Muaidi M. (2015). Inovasi Pendidikan; Studi Terhadap Kebijakan SMP Terbuka. dari e-jurnal.stainsorong.ac.id/.
Nanang Fattah. (2013). Analisis Kebijakan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rizky Annisaa. (2015). Spirit At Work Pada Guru Honorer di SMP Terbuka 27 Bandung. Bandung: Universitas Islam Bandung Fakultas Psikologi.
Subarsono AG. (2008). Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyanto & Abbas. M. S. (2004). Wajah Dan Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa.
Tilaar HAR. (2003). Kekuasaan Dan Pendidikan. Magelang: Indonesia Tera
Wiji Suwarno. (2006). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Yusufhadi Miarso. (2017). Landasan Sekolah Menengah Pertama Terbuka. Dari https://sumberbelajar.belajar.kemdik bud.go.i.