EKSISTENSI BUDAYA LOKAL SUNDA TERHADAP PENGEMBANGAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK SMP ISLAM MUTI INTELEGENSI TASDIQUL-QUR’AN BANDUNG BARAT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Eksistensi Budaya Lokal Sunda terhadap Pengembangan Akhlak Mulia Peserta Didik SMP Islam Multi Intelegensi Tasdiqul Qur’an Bandung Barat. Local wisdom atau kearifan lokal merupakan perilaku positif manusia dalam berinteraksi dengan sesama manusia dan lingkungan sekitarnya. Budaya yang dihasilkan dari kearifan lokal dapat bersumber dari agama, adat istiadat, atau kebiasaan yang terbangun secara alamiah dalam masyarakat tertentu. Pada penelitian ini, yang dimaksud budaya lokal adalah pembelajaran bahasa Sunda dan pengaruhnya terhadap pengembangan akhlak peserta didik di SMP Islam Multi Intelegensi Tasdiqul Qur’an Kabupaten Bandung Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa; 1). Desain pembelajaran bahasa Sunda dihubungkan dengan pengembangan akhlak peserta didik dalam konteks bahasa lisan, tulisan, dan karya seni. 2). Pelaksanaan pembelajaran bahasa Sunda pada praktek pembiasaan sehari-hari. 3). Evaluasi terhadap faktor-faktor kelebihan dan kekurangan pembelajaran budaya lokal Sunda di sekolah ini. Faktor-faktor kelebihan diantaranya daya dukung terhadap pengembangan bahasa sebagai kecerdasan linguistik, lingkungan di sekitar sekolah, buku sumber ajar, dan anggaran. Faktor-faktor kekurangan diantaranya program kesundaan dan sarana pendukung lainnya masih dalam proses. Berdasarkan wawancara dan hasil observasi peneliti, eksistensi budaya lokal Sunda halus memberikan dampak positif terhadap akhlak mulia siswa terutama sopan santun, peduli sosial, dan kreatifitas.
Unduhan
Rincian Artikel
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Referensi
Area, F. P. (2023, November Tuesday). Pengertian Multiple Intelligences. Retrieved from Kecerdasan Jamak: https://psikologi.uma.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/Pengertian-Multiple-Intelligences.pdf
Asikin, I. (2018). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga. TA’DIB, Vol. VII, No. 1, 20-30.
Baihaqi, M. (2016). Pengantar Psikologi Kogntif. Bandung: Refika Aditama.
Daud, A. A. (2021). Pendidikan Karakter Multidimensi Sebagai Aplikasi Konsep Merdeka Belajar Dalammenyambut Bonus Demografi. An-Nur Jurnal Studi Islam, 67-90.
Dede Sofyan Hadi. (2021). Budaya Sunda. Proceedings of The 5th Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 50-62.
EAR. (2022, Mei 12). Kumparan. Retrieved from Sisindiran: Pengertian, Jenis-Jenis, dan Contohnya: https://kumparan.com/berita-hari-ini/sisindiran-pengertian-jenis-jenis-dan-contohnya-1y3Lsl5NpMr/full
Hadi, D. S. (2021). Integrasi Pola Pengasuhan Suku Sunda Dengan Nilai Ajaran Islam Untuk Menanamkan Akhlak Terpuji. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 40-66.
Hamid, H. (2021). Pendidikan Karakter Perpektif Islam. Bandung: Pustaka Setia.
Ibrahim, F. (2023, November,30 Thursday). Keunikan Mengajar Bahasa Sunda. (Y. Rohima, Interviewer)
Iyep Chandra, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Bhineka Tunggal Ika, 116-128.
Iyep Chandra, A. H. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda. JBTI, 116-128.
Kharirunnisa. (2023, November Wednesday). Tujuan PAI. (Y. K. Rohima, Interviewer)
Miftakhurrohman, G. (2023, December,1. Friday). Visi Misi SMP IMI Tasdiqul Qur'an. (YK.Rohima, Interviewer)
MSD. (2023, November Thuesday). 15 Hadits tentang Takwa yang Bisa Dijadikan Pedoman Hidup. Retrieved from Kumparan.Com: https://kumparan.com/berita-hari-ini/15-hadits-tentang-takwa-yang-bisa-dijadikan-pedoman-hidup-1yMu3Nv5aZ5/full
Risnawati. (2018). Rancage Diajar Basa Sunda. Bandung: Pustaka Jaya.
Risnawati, D. N. (2018). Rancage Diajar Basa Sunda. Bandung: Pustaka Jaya.
Sabandar, S. (2023, November Thuesday). Contoh Kawih, Seni Suara Masyarakat Sunda. Retrieved from Liputan 6.com: https://www.liputan6.com/regional/read/5146326/contoh-kawih-seni-suara-masyarakat-sunda
Safariah, S. (2023, November Wednesday). Latar Belakang Peserta Didik. (Y. K. Rohima, Interviewer)
Safariah, S. (2023, November Monday). Mental Siswa Belajar Bahasa Lokal. (Y. K. Rohima, Interviewer)
Santri. (2023, November Monday). Pengaruh Bahasa terhadap Akhlak. (Y. K. Rohima, Interviewer)
Sofa Urwatul Wusqo, L. M. (2022). Penggunaan Bahasa Sunda pada Mahasiswa PBSI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Tinjauan Sosiolinguistik). Bastrindo, 43-53.
Sugiono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sukmawarti, E. (2023, November Wednesday). Persiapan mengajar bahasa Sunda. (Y. K. Rohima, Interviewer)
Susianto, F. A. (2023, November Wednesday). Peminatan Bahasa. (Y. K. Rohima, Interviewer)
Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Rosda Karya.
WinaSanjaya, A. B. (2017). Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Prenada.