Sejarah Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Isi Artikel Utama

Susanti Vera
Fitriani Fitriani
Hidayatul Fikra

Abstrak

This research aims to tell the history of the Writing Class at the Faculty of Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. This research uses a qualitative approach with genealogical methods. The results and discussion of this research show that the Writing Class was formally established on May 29 2020. Meanwhile, the term Writing Class imitates the use of the term Writing Center in various advanced higher education in the global world. The Writing Class acts as a support center for increasing students' skills capacity in academic writing for the purposes of scientific publications. This research concludes that the establishment of the Writing Class genealogically began with the implementation of the Writing School which has been taking place culturally at UIN Sunan Gunung Djati Bandung since 2016.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles
Biografi Penulis

Hidayatul Fikra, Universitas Padjadjaran Bandung, Indonesia

Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Referensi

Bakla, A. (2020). A mixed-methods study of feedback modes in EFL writing.

Darmalaksana, W. (2015). Rencana Induk Pengembangan Penelitian (RIP-P) Tahun 2015-2019. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.

Darmalaksana, W. (2016a). Pedomaan penelitian dan publikasi ilmiah. Pusat Penelitian dan Penerbitan UIN SGD Bandung.

Darmalaksana, W. (2016b). Pedoman Jaminan Mutu Penelitian. Bandung: Pusat Penelitian Dan Penerbitan LP2M UIN Sunan Gunung Djati.

Darmalaksana, W. (2016c). Penguatan Tata Kelola Penelitian dan Publikasi Ilmiah Berbasis Perencanaan Strategis.

Darmalaksana, W. (2017). Urgensi klinik proposal: Persiapan pengusulan penelitian standar Litapdimas. Bandung: Jurnal Informasi Riset dan Inovasi.

Darmalaksana, W. (2019). Analisis Peningkatan Publikasi Ilmiah Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam di Indonesia. Pusat Studi Data Ushuluddin UIN Bandung.

Darmalaksana, W. (2020a). Kelas Menulis: Analisis Capaian Latihan Efektif. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020b). Kelas menulis: Dari proposal penelitian ke artikel ilmiah, publikasi jurnal, dan hak kekayaan intelektual. Sentra Publikasi Indonesia.

Darmalaksana, W. (2020c). Kelas Menulis: Mengubah Skripsi menjadi Artikel Ilmiah. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020d). Kelas Menulis untuk Bantuan Penulisan Akademik. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Darmalaksana, W. (2020e). Penggunaan Aplikasi Referensi untuk Karya Ilmiah.

Darmalaksana, W. (2020f). Writing Class Experience Research Formula. Journal of Writing Class UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2020g). Yuk Gabung Kelas Menulis! Latihan Efektif Kelas Menulis Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2021a). Kebijakan Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/43225

Darmalaksana, W. (2021b). Kelas Menulis: Penguatan Kapasitas Mahasiswa dalam Penulisan Artikel Ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2021c). Panduan Penulisan Artikel Hasil Penelitian Mini Mahasiswa untuk Keluaran Mata Kuliah Bebasis Capaian Publikasi Jurnal Ilmiah. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/44446/

Darmalaksana, W. (2022). Panduan penulisan skripsi dan tugas akhir: Artikel ilmiah, buku, hak paten. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W. (2023). Panduan Kelas Menulis Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W., & Hambali, R. (2021a). Penjaminan Mutu Tugas Akhir Mahasiswa: Analisis Munaqasyah Artikel Ilmiah Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–11.

Darmalaksana, W., & Hambali, R. (2021b). Penulisan Tugas Akhir Skripsi dalam Bentuk Artikel Ilmiah: Studi Kasus Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–8.

Darmalaksana, W., Hambali, R., & Busro, B. (2021). Dampak Publikasi Artikel Ilmiah Mahasiswa: Studi Kasus Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–8.

Darmalaksana, W., & Kurnia, A. (2021). Metode Interogasi untuk Penguatan Keterampilan Mahasiswa dalam Penulisan Akademik Berbasis Pedoman Formal Pendidikan Tinggi. Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Darmalaksana, W., & Mighfaza, M. H. (2020). Kemajuan Kelas Menulis: Studi Kasus Dema FU UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1.

Fikra, H., & Darmalaksana, W. (2021). Model Pendampingan Mahasiswa Bidang Keagamaan dalam Kepenulisan Artikel Ilmiah. Jurnal Perspektif, 5(2), 218–226. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jp.v5i2.137

Fowler-Amato, M. (2020). New Possibilities for Field Experiences: Learning In Practice in a University Writing Center. Teaching/Writing: The Journal of Writing Teacher Education, 9(1), 22.

King, C. S. T., Keeth, S., & Ryan, C. J. (2018). Collaborative curriculum design and assessment: Piloting a hybrid first-year writing course.

Mdodana-Zide, L., & Mafugu, T. (2023). An Interventive Collaborative Scaffolded Approach with a Writing Center on ESL Students’ Academic Writing. Journal of Culture and Values in Education, 6(2), 34–50.

Mulyanti, C. C., & Darmalaksana, W. (2021). Writing Sprints untuk Publikasi Ilmiah Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Capaian: Sebuah Penelitian Tindakan Kelas. Journal of Society and Development, 1(2), 59–64. https://journal.medpro.my.id/index.php/jsd/article/view/70

North, S. M. (1984). The idea of a writing center. College English, 46(5), 433–446.

Nur Sholihat, N., Almunawir, N., Ikhsan, M., & Darmalaksana, W. (2021). Sukses Menulis Artikel Jurnal: Mahasiswa mengirim Tahapan dan Dosen memberi Umpan Balik. Pre-Print Kelas Menulis UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/44513/

Petrykowski, A. (2020). Unexplored Conceptions: What Writing Center Tutors Think about Writing.

Porter, J. I. (2024). Foucault, Kant, and Antiquity. Representations, 165(1), 120–143.

Qintan, A., Mardiana, D., Dilawati, R., Krismayani, I., Safitri, S. D., & Asma, D. A. I. (2020). Kelas Menulis: Kompilasi Proposal Untuk Pelaksanaan Penelitian Menuju Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Schell-Barber, L. A. (2020). Writing Centers between Past and Future: Outstanding Scholarship Award Texts and Student Success. Kent State University.

Shoffah, N., Salamah, S., & Darmalaksana, W. (2021). Peningkatan Penulisan Artikel Mahasiswa bagi Akselerasi Publikasi Ilmiah Pendidikan Tinggi. Edukasi: Journal of Educational Research, I(02).

Siemann, C. (2020). Writing Center Continuity Plan.

Werner, C. L. (2020). Tutor Talk, Netspeak, and Student Speak: Enhancing Online Conferences. Praxis: A Writing Center Journal.

Wilder, A. (2020). Indications of Single-Session Improvement in Writing Center Sessions.

Williams, J. (2004). Tutoring and Revision: Second Language Writers in The Writing Center. Journal of Second Language Writing, 13(3), 173–201.