Analisis Kesulitan Siswa Kelas X Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Isi Artikel Utama

Fauziah Nurkholisa
Tika Karlina Rachmawati

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan siswa dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV (Sistem Persamaan Linier Dua Variabel). Jenis penelitian yang dilakukan adalah Metode kualitatif dengan teknik survey. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 43 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep dalam materi SPLDV ini mendapatkan hasil sebesar 73%. Indikator minat siswa terhadap pembelajaran matematika pada materi SPLDV sebesar 75% dan indikator terhadap respon siswa dalam pembelajaran matematika materi SPLDV sebesar 78%. Kesimpulannya adalah siswa sulit menentukan Metode mana yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dikarenakan banyak Metode yang di tawarkan dalam penyelesaian soal tersebut dan siswa sulit memahami konsep Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Bagian
Articles

Referensi

Dewi, W. S., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Materi Geometri Kelas VII SMP Kota Pekanbaru. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 635–642.

Effendi, H., & Hendriyani, Y. (2018). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall.

Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis of mathematical abstraction on concept of a three dimensional figure with curved surfaces of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 12037.

Idris, F. H., Hamid, I., & Ardiana, A. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2).

Kieran, C. (2004). Algebraic thinking in the early grades: What is it. The Mathematics Educator,8(1), 139–151.

Maspupah, A., & Purnama, A. (2020). Analisis Kesulitan Siswa MTs Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 237–246. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.193

Maulana, A. S. (2013). Penerapan strategi React untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa SMP. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purnama, S. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (pengenalan untuk mengembangkan produk pembelajaran bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19–32.

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(5).

Rahmawati, N. S., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smk Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Journal on Education, 1(2), 344–352.

Strauss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tersiana, A. (2018). Metode penelitian. Anak Hebat Indonesia.

Yani, J. A. (n.d.). Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Ferrari, JR, Jhonson, JL, & McCown, WG (1995). Procrastination And Task Avoidance: Theory, Research & Treatment. New York: Plenum Press. Yudistira P, Chandra. Diktat Ku.

Yurianti, S., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2014). Kemampuan penalaran matematis siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel kelas x sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(6).

Tersiana, A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Hansi Effendi, & Yeka Hendriyani. (2016). Pengembangan Model Blended Learning Interaktif dengan Prosedur Borg and Gall. International Seminar on Education, 62-70.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.